Rahasia Taktik Jitu Fajar/Rian yang Menangkan Perang Saudara Lawan Kevin/Marcus

Jumat, 27 September 2019 18:20 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© badmintonindonesia.org
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melakukan start yang baik saat mengalahkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di perempatfinal Korea Open 2019. Copyright: © badmintonindonesia.org
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melakukan start yang baik saat mengalahkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di perempatfinal Korea Open 2019.

INDOSPORT.COM – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak semifinal Korea Open 2019. Ganda nomor enam dunia ini lolos usai mengandaskan kompatriotnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dengan skor 22-20, 21-17 pada Jumat (27/09/19).

Fajar/Rian kemudian mengungkapkan alasan kemenangan kedua mereka dari tujuh pertemuan atas ganda nomor satu dunia tersebut. Fajar secara spesifik menyebutkan bahwa ia dan Rian mampu menjalani start dengan sangat baik.

“Kami hanya belajar dari kekalahan sebelumnya (dari Marcus/Kevin) di China Open 2019, yakni kurang apik saat start. Dari poin 0-0, kami langsung tidak mau kalah start lagi. Setelahnya, kami lebih merasa percaya diri,” ucap Fajar dilansir dari Badminton Indonesia.

“Meskipun lebih yakin, kami tadi tak mau fokus berpikir menang kalah. Mereka (Kevin/Marcus) juga tetap bermain bagus. Tetapi, kami lebih siap di lapangan. Alhamdulillah, kami bersyukur bisa menang,” lanjut Fajar.

Di sisi lain, Kevin Sanjaya Sukamuljo juga merasa bahwa Fajar/Rian lebih siap di lapangan. Pria berusia 24 tahun itu mengaku bermain kurang baik dalam pertandingan hari ini. Meski begitu, Marcus/Kevin masih unggul rekor pertemuan dengan skor 5-2.

Pada babak semifinal esok (28/9/19), Fajar/Rian akan bertemu ganda nomor tiga dunia, Li Junhui/Liu Yuchen (China). Rian Ardianto mengaku akan mewaspadai keunggulan fisik dan postur calon lawannya tersebut.

Besok kami akan melawan China, yang mana berpostur tinggi dan besar. Kami harus lebih mempersiapkan fisik, tenaga, dan stamina karena bola mereka agak berat. Kami juga akan menjaga makan dan istirahat,” kata Rian.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berpeluang memenangkan gelar keduanya tahun ini setelah Swiss Open 2019 lalu. Jika memenangkan babak semifinal, keduanya akan menghadapi pemenang antara Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) dan Choi Solgyu/Seo Seung Jae (Korea Selatan).