Termasuk Legenda Ganda Putra Indonesia, 3 Pebulutangkis Top yang Pernah Terseret Kasus Doping

Senin, 14 Oktober 2019 06:54 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Termasuk Legenda Ganda Putra Indonesia, Deretan Pebulutangkis Top yang Pernah Terseret Kasus Doping. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Termasuk Legenda Ganda Putra Indonesia, Deretan Pebulutangkis Top yang Pernah Terseret Kasus Doping.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pebulutangkis top dunia pernah terseret ke dalam kasus doping, termasuk seorang legenda ganda putra Indonesia.

Doping memang menjadi hal yang begitu dilarang dalam ajang pertandingan olahraga. Para atlet yang ketahuan menggunakan doping, pasti langsung dijatuhi hukuman berat oleh organisasi terkait.

Cabang olahraga bulutangkis pun tak luput dari drama penggunaan doping. Sejumlah pebulutangkis top dunia juga pernah terseret ke dalam kasus seperti ini, dan bahkan ada yang sampai mendapatkan sanksi keras.

Lalu, siapa sajakah para pebulutangkis top dunia yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.


Ratchanok Intanon

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTRatchanok Intanon

Reputasi Ratchanok Intanon sebagai pebulutangkis top dunia tak perlu diragukan lagi. Lihat saja capaian kariernya sejauh ini, Ratchanok Intanon sudah mengoleksi enam gelar BWF Superseries, tiga gelar BWF World Tour, tujuh gelar BWF Grand Prix, dan lain sebagainya.

Ratchanok Intanon bahkan pernah menyabet peringkat satu dunia pada 2016 lalu. Tak heran bila Ratchanok Intanon banyak disebut publik sebagai ratu bulutangkis asal Thailand.

Sayangnya, Ratchanok Intanon pernah terseret ke dalam kasus doping. Sekitar awal tahun 2019, BWF menjatuhkan dugaan bahwa Ratchanok Intanon telah menggunakan doping dengan jenis zat clebuterol.

Namun kasus ini ternyata tak sampai larut begitu dalam. Pada 10 Oktober 2019, BWF resmi menyatakan kalau Ratchanok Intanon terbebas dari dakwaan penggunaan doping.

Kalau berkaca lagi ke belakang, Ratchanok Intanon sempat didera kasus serupa pada 2016. Jelang Olimpiade Rio 2016, Ratchanok Intanon terjegal kasus doping akibat ada temuan zat corticosteroid di dalam tubuhnya.


Lee Chong Wei

© On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun. Copyright: On Man Kevin Lee/Getty ImagesLee Chong Wei

Nama Lee Chong Wei tenar sebagai salah satu pebulutangkis top yang berasal dari Malaysia. Ia pernah menduduki peringkat satu dunia dan meraih total 69 gelar bergengsi.

Lee Chong Wei sendiri kini telah pensiun dari ranah bulutangkis. Ia memutuskan gantung raket sekitar bulan Juni 2019 lalu, akibat harus berfokus menjalani penyembuhan penyakit kanker.

Kalau dilihat lagi ke belakang, karier Lee Chong Wei pernah dinodai dengan kasus doping. Tepatnya pada tahun 2015 lalu, Lee Chong Wei terbukti telah menggunakan doping dan dijatuhi larangan bertanding oleh BWF selama delapan bulan.


Sigit Budiarto

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSigit Budiarto

Mari kita sedikit bernostalgia tentang ranah bulutangkis Indonesia. Pada 1997 silam, Indonesia punya pasangan ganda putra hebat yang meraih gelar di Kejuaraan Dunia, yakni Candra Wijaya/Sigit Budiarto.

Khusus untuk nama Sigit Budiarto, dirinya dahulu pernah terseret kasus doping. Sekitar tahun 1998, Sigit terbukti menggunakan doping dan dijatuhi sanksi larangan bertanding selama 12 bulan.

Meski pernah tersandung kasus seperti itu, Sigit tetaplah merupakan seorang legenda yang patut dihargai kiprahnya. Banyaknya gelar yang diraihnya dulu, membuat cerita kegemilangan Sigit terus abadi di sejarah bulutangkis Indonesia.