Mengenang Rival Abadi Ahsan/Hendra, Yong-dae/Yeon-seong yang Sempat 'Kawin-Cerai'

Senin, 14 Oktober 2019 16:27 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berhasil meraih dua gelar Denmark Open rupa-rupanya tak menjamin kelanggengan pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae dan Yoo Yeon-seong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berhasil meraih dua gelar Denmark Open rupa-rupanya tak menjamin kelanggengan pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae dan Yoo Yeon-seong.

INDOSPORT.COM - Berhasil meraih dua gelar Denmark Open rupa-rupanya tak menjamin kelanggengan pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae dan Yoo Yeon-seong.

Padahal pasangan tersebut bisa dibilang salah satu ganda putra terbaik yang pernah dimiliki oleh Korea Selatan. Namun ternyata hal tersebut tak menjamin kelanggengan hubungan mereka yang sempat 'rujuk' namun akhirnya 'bercerai' lagi.

Bersama Yoo Yeon-seong, Yong-dae berhasil meraih dua gelar Denmark Open 2013 dan 2015. Di tahun 2013, usai mengalahkan pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 21-13, 21-16, mereka sukses meraih gelar juara gelaran Super Series 750.

Dua tahun kemudian, mereka berhasil kembali naik podium Denmark Open usai mengalahkan pasangan China,Liu Cheng/Lu Kai dengan skor 21-16, 21-17.

Yong-dae/Yeon-seong diketahui memutuskan berpisah usai menjuarai Korea Open 2016 di mana ketika itu Yong-dae memutuskan mundur dari timnas Korsel, sedangkan Yoo masih bermain sebagai pemain profesional.

Usai lama hiatus, Yong-dae akhirnya memutuskan untuk kembali bermain di pertengahan 2018 lalu dan memilih Kim Gi Jung sebagai pasangan anyarnya.

Comebacknya pun berhasil ditandai dengan gelar Macau Open 2018 dan Spain Masters 2018 yang merupakan bagian dari gelaran Super 300. Namun di pertengahan tahun 2019, Yong-dae secara mengejutkan memutuskan 'rujuk' dengan Yeong-seong.

Mereka pun kembali bermain bersama di turnamen Australia Open 2019, namun sayang dikalahkan oleh pasangan Indonesia, Wahyu Nayaka/Ade Santoso dalam pertandingan rubber game dengan skor 18-21, 21-12, 16-21 dalam waktu 67 menit.

Usai Australia Open 2019, duet mereka kembali dilanjutkan di turnamen US Open 2019. Namun sekali lagi, mereka juga mengalami kegagalan hingga akhirnya, duet tersebut kembali tidak dilanjutkan hingga saat ini.

Yong-dae saat ini justru lebih memilih bermain bersama Gi Jung meskipun hasil yang mereka peroleh selalu tidak maksimal. Namun perlu digaris-bawahi kalau duet Yong-dae/Yeon-seong sempat mendominasi di tahun 2013-2016 yang sekaligus menjadi rival berat pasangan Ahsan/Hendra pada era itu.