Melawan Unggulan Malaysia di Hong Kong Open, Rinov/Pitha Berpotensi Buat Kejutan atau Rekor Unik

Selasa, 12 November 2019 14:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus menghadapi unggulan keenam dari Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di putaran pertama Hong Kong Open 2019. Copyright: © PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus menghadapi unggulan keenam dari Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di putaran pertama Hong Kong Open 2019.

INDOSPORT.COM - Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus menghadapi unggulan keenam dari Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di putaran pertama Hong Kong Open 2019.

Menjadi salah sat wakil Indonesia di sektor ganda campuran Hong Kong Open 2019, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas harus mendapati kenyataan kurang mengenakan sejak putaran pertama. 

Dimana mereka harus langsung berhadapan dengan pasangan unggulan keenam Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Selasa (12/11/19).

Dengan status unggulannya, pasangan asal Malaysia itu jelas bukan lawan yang mudah untuk bisa dilewati Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas. Namun, bukan berarti peluang tak bisa didapat wakil Indonesia berperingkat 18 dunia itu.

Jika melihat pertemuan terakhir dan satu-satunya antara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, tergambar sebenarnya pasangan Indonesia itu bisa cukup mengimbangi permainan pasangan Malaysia yang kini menduduki peringkat enam dunia.

Bahkan, di pertemuan yang berlangsung di perempatfinal Chinese Taipei 2019 itu, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas sempat mencuri set pertama dalam kemenangan 21-18 sebelum akhirnya kehilangan set kedua dan ketiga dalam poin sama 14-21.

Berkaca pada pertemuan itu dan dengan kekuatan yang tak kalah jauh, tentu Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas sudah belajar banyak untuk bisa membalaskan dendam dan mencuri kemenangan atas Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Hong Kong Open 2019.

Peluang  Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas untuk menang juga terbuka, karena meski merupakan unggulan, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying cukup sering harus angkat koper dari sebuah turnamen sejak putaran pertama.

Tahun ini saja sudah empat kali mereka tersingkir di putaran pertama dari lawan yang jauh secara peringkat. Bahkan, dua dari empat kekalahan tersebut tercipta di dua bulan terakhir sebelum Hong Kong Open 2019 berlangsung.

Rekor Unik

Jika pun nantinya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas tak bisa mengejutkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, pasangan Indonesia itu akan mencatatkan sebuah rekor unik. Yakni rekor tersingkir dalam tiga turnamen berturut oleh lawan-lawan yang berasal dari negara sama, Malaysia.

Karena sebelum Hong Kong Open 2019, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas tersingkir di babak 16 besar Fuzhou China Open 2019 melawan wakil Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie. Sebelumnya di 16 besar French Open 2019, mereka juga kalah dari pasanagan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.