Kisah Unik Legenda Indonesia, Tony Gunawan Saat Berkecimpung di Bulutangkis

Jumat, 15 November 2019 21:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Stephen Pond - PA Images via Getty Images
Legenda hidup ganda putra Indonesia, Tony Gunawan menceritakan bagaimana awal mula ia terjun menjadi atlet bulutangkis. Copyright: © Stephen Pond - PA Images via Getty Images
Legenda hidup ganda putra Indonesia, Tony Gunawan menceritakan bagaimana awal mula ia terjun menjadi atlet bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Legenda hidup ganda putra Indonesia, Tony Gunawan menceritakan bagaimana awal mula ia terjun menjadi atlet bulutangkis.

Tony Gunawan diketahui merupakan salah satu legenda ganda putra Indonesia yang telah memenangkan banyak gelar, tak terkecuali, Kejuaraan Dunia hingga medali emas di Olimpiade sudah ia menangkan.

Bahkan kompetisi beregu seperti Piala Thomas pun juga sudah berhasil ia diraih olehnya dan dengan siapapun ia berpasangan, Tony pasti selalu meraih gelar juara.

"Ketika saya masih berusia 5 tahun, orang tua saya mengenalkan saya bulutangkis dan saya bergabung dengan klub saat berusia 6 tahun dan mulai mengikuti turnamen di usia 7 atau 8 tahun," cerita Tony dilansir dari @bwf.official.

Diceritakan Tony, dulu pada saat ia masih kecil, ia memiliki bobot tubuh yang besar sehingga banyak yang menganggapnya tak akan bisa bermain dengan baik dengan bobot tubuh sebesar itu.

Tetapi kemudian hal itulah yang memacu semangat Tony untuk terus melakukan yang terbaik dan akhirnya hal itu terjawab setahun kemudian.

Tony Gunawan juga bercerita bahwa di usia 14 tahun ia mulai serius menekuni dunia bulutangkis dan mendapat latihan yang berat dari orang tuanya, terkhusus ayahnya.

Dan kemudian dari latihan panjang dan super kerasnya itu, Tony pun akhirnya bergabung ke klub PB Jaya Raya dan ketika usianya menginjak 16 tahun, ia dipanggil untuk bergabung bersama Pelatnas.

"Dan itulah cerita panjang dari perjalanan karier saya sebagai seorang pebulutangkis," pungkasnya.

Meskipun sudah pensiun, Tony Gunawan masih tetap aktif di dunia bulutangkis dengan menjadi pelatih di Amerika Serikat sekaligus menjadi warga negara Negara tersebut.