Indonesia dan Malaysia Kompak Runtuhkan Dominasi Thailand di Bulutangkis SEA Games 2019

Senin, 9 Desember 2019 17:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Pasangan Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengalahkan pasangan Ganda putri Malaysia Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong, di SEA Games 2019, Senin (09/12/19). Copyright: © Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Pasangan Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengalahkan pasangan Ganda putri Malaysia Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong, di SEA Games 2019, Senin (09/12/19).

INDOSPORT.COM - Indonesia dan Malaysia kompak meruntuhkan dominasi Thailand di bulutangkis perorangan SEA Games 2019, setelah usainya seluruk laga final kategori perorangan.

Setelah lima hari berlangsung, pertarungan sejumlah atlet di bulutangkis perorangan SEA Games 2019 menghasilkan lima juara, yang berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Mengirimkan tiga wakilnya di final, Indonesia akhirnya bisa meraih dua gelar juara atau medali emas. Lewat Praveen Jordan/Melati Daeva di sektor ganda campuran dan Greysia Polli/Apriyani Rahayu di ganda putri.

Sementara Malaysia dengan empat wakilnya di final, bisa membawa tiga medali emas. Masing-masing melalui Kisona Selvaduray di tunggal putri, Lee Zii jia di tunggal putra dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di ganda putra.

© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Tunggal Putri Indonesia Ruselli Hartawan ditaklukkan oleh tunggal Putri Malaysia Selvaduray Kisona di Final SEA Games 2019, Senin (09/12/19). Copyright: Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORTTunggal Putri Indonesia Ruselli Hartawan ditaklukkan oleh tunggal Putri Malaysia Selvaduray Kisona di Final SEA Games 2019, Senin (09/12/19).

Capaian Indonesia dan Malaysia memang bukan hal yang mengejutkan. Sebab hampir semua pebulutangkis kedua negara yang meraih medali emas adalah mereka yang berstatus sebagai unggulan di SEA Games. Praktis hanya Kisona Selvaduray, pebulutangkis non unggulan yang bisa meraih medali emas kali ini.

Namun di luar itu, keberhasilan Indonesia dan Malaysia berbagi gelar secara langsung bisa meruntuhkan dominasi Thailand di gelaran SEA Games sebelumnya, tahun 2017.

Saat itu, pebulutangkis Thailand berhasil mendominasi dengan tiga gelar juara. Di ganda putra ada Dechapol Puavaranukroh/Kittinupong Kedren, ganda putri ada Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan ganda campuran ada Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang bisa keluar sebagai juara atau meraih medali emas.

Ketiga pasangan tersebut, mampu membuat Thailand mengungguli Indonesia dan Malaysia yang kala itu harus rela hanya mendapatkan satu gelar. Indonesia lewat Jonatan Christie di tunggal putra dan Malaysia melalui Goh Jin Wei di tunggal putri.

Namun seperti yang disebut sebelumnya, di SEA Games 2019 ini, semua menjadi berbalik. Dominasi Thailand runtuh di tangan Indonesia dan Malaysia. 

Thailand sebenarnya berpeluang mendapatkan dua medali tahun 2019 lewat Chayanit/Phataimas di ganda putri dan Bodin Isra/Maneepong di ganda putra. Tetapi sayangnya kedua pasangan Thailand itu harus rela menyerahkan medali emas SEA Games 2019 ke wakil Indonesia dan Malaysia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%