Fakta-fakta Tianhe Gymnasium, Venue BWF World Tour Finals dengan Lapangan Merahnya

Kamis, 12 Desember 2019 12:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© wikipedia.org
Guangzhou Gymnasium venue BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © wikipedia.org
Guangzhou Gymnasium venue BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - BWF World Tour Finals 2019 digelar di Guangzhou, China. Berikut fakta-fakta Tianhe Gymnasium yang menjadi venue BWF World Tour Finals 2019. 

Turnamen BWF World Tour Finals 2019 telah dimulai sejak Rabu (11/12/19) di Guangzhou, China. Sebanyak 7 wakil Indonesia berjuang di turnamen bergengsi ini. 

Satu wakil Indonesia yang paling diunggulkan untuk meraih gelar adalah Duo Minions, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Kevin/Marcus berhasil mengalahkan lawan pertamanya, Li Junhui/Liu Yuchen dengan skor 21-18, 14-21, 21-18. 

Selain penampilan wakil-wakil terbaik Indonesia, ada hal lain yang cukup menyita perhatian pencinta bulutangkis di Indonesia, hal tersebut adalah lapangan merah menyala di Tianhe Gymnasium. 

Jika biasanya lapangan bulutangkis di turnamen-turnamen BWF berwarna hijau atau biru, lapangan Tianhe Gymnasium justru berwarna merah. 

Warna merah tersebut tampak mencolok, dan ditambah papan iklan yang juga berwarna merah sehingga terlihat kontras, terutama di layar televisi. 

Berikut INDOSPORT merangkum fakta-fakta Tianhe Gymnasium, venue BWF world Tour Finals 2019. 

Markas Ghuangzou Loong Lions 

Tianhe Gymnasium merupakan markas dari klub basket Guangzhou Loong Lions. Guangzhou Loong Lions sendiri adalah peserta Liga Basket China, CBA di Wilayah Selatan. 

Guangzhou Loong Lions menggunakan Tianhe Gymnasium yang berkapasitas 7.600 penonton untuk menggelar laga kandang. 

Venue Asian Games 2010 dan FIBA World Cup 2019

Selain menjadi venue BWF World Tour Finals 2019, Tianhe Gymnasium pernah menjadi venue untuk ajang olahraga internasional lainnya. 

Pada tahun 2010, Tianhe Gymnasium digunakan untuk menggelar cabor bulutangkis di Asian Games 2010 lalu. Saat itu, Indonesia meraih 4 medali, 1 medali emas, 1 dan 3 medali perunggu dari cabor badminton. 

Selain Asian Games, Tianhe Gymnasium juga menjadi 1 dari 8 venue yang digunakan oleh China untuk menggelar FIBA World Cup 2019 lalu. 

Tempat Konser Westlife 

Selain menggelar event olahraga, Tianhe Gymnasium juga menjadi venue konser musik. Salah satu konser musik yang pernah digelar di Tianhe Gymnasium adalah konser Westlife. 

Boy band yang terkenal sejak tahun 90-an dengan lagu yang easy listening serta personel berwajah tampan tersebut menggelar konser pada tahun 2012 lalu dengan tajuk Greatest Hits Tour.