Jauh dari Aman, Menghitung Peluang Lolos Anthony Ginting di Grup B World Tour Finals 2019

Kamis, 12 Desember 2019 14:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tunggal putra Indonesia Anthony Ginting berhasil mengalahkan wakil dari Malaysia Soong Joo Ven pada Final di Muntinlipa Sport Complex, Manila, Rabu (04/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tunggal putra Indonesia Anthony Ginting berhasil mengalahkan wakil dari Malaysia Soong Joo Ven pada Final di Muntinlipa Sport Complex, Manila, Rabu (04/12/19).

INDOSPORT.COM - Cuma menang sekali atas Chen Long, Anthony Ginting masih berjuang untuk lolos dari Grup B World Tour Finals 2019

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, membuat gebrakan usai mengalahkan wakil China, Chen Long, dengan skor telak 21-12, 21-11, pada laga kedua BWF World Tour Finals 2019, Kamis (12/12/19).

Ginting memang tampil spartan dengan hampir selalu memimpin perolehan poin di gim pertama. Di gim kedua, kondisi pun tak jauh berbeda di mana Ginting mampu menang cukup jauh 21-11. 

Kemenangan ini adalah yang pertama bagi Ginting di ajang World Tour Finals 2019 setelah pada pertandingan pertama ia takluk dari Chou Tien Chen dalam rubber game, 21-11, 15-21, 23-25. 

Kemenangan atas Chen Long mengantar Ginting untuk sementara ke posisi kedua klasemen dengan satu poin. Ginting tepat berada di bawah Chou Tien-chen serta masih di atas Chen Long (posisi 3) dan Viktor Axelsen (posisi 4).
 
Di laga terakhir grup Ginting akan menantang eks pebulutangkis nomor satu dunia, Viktor Axelsen. 

Walau begitu, posisi Ginting di peringkat kedua masih bisa turun andai saja Viktor Axelsen mampu menang dua set atas Chou Tien-chen di pertandingan kedua mereka yang belum dimainkan. 

Dengan posisi ini, sejatinya peluang lolos Anthony Ginting masih jauh dari aman. Jika Viktor Axelsen mampu menang dua set dengan jumlah poin cukup jauh, maka dipastikan Ginting akan melorot ke posisi ketiga. 

Untuk itu, demi menjaga peluang lolos, Anthony Ginting pun wajib menang atas Viktor Axelsen. Kemenangan akan menambah poin Ginting menjadi dua. 

Dua poin sudah cukup bagi Ginting untuk mengamankan setidaknya posisi kedua. Bahkan, bisa saja Ginting ke posisi pertama asalkan dengan sejumlah syarat. 

Sistem grup pada BWF World Tour Finals 2019 menggunakan beberapa tahap penentuan. Penentuan pertama menggunakan jumlah poin (kemenangan dihitung satu poin). 

Jika poin kemenangan sama, maka penentuan berikutnya ada pada jumlah selisih set yang dimenangkan. Jika selisih set menang-kalah masih sama, maka penentuan berikutnya ada pada selisih perolehan poin terbaik. Pebulutangkis yang lolos ke semifinal adalah yang duduk di peringkat pertama dan kedua. 

Untuk itu dengan melihat tabel klasemen yang ada, tak ada jalan lolos bagi Ginting selain mengalahkan Viktor Axelsen di final. 

Pasalnya, seandainya Axelsen menang dan mendapat satu poin atas Chou Tien-chen di partai kedua nanti, itu artinya semua penghuni Grup B akan mendapat satu poin. 

Maka dari itu, pada pertandingan ketiga besok dipastikan akan ada dua pebulutangkis yang punya poin 2. Jika Anthony Ginting kalah di laga terakhir maka ia pun dipastikan bukan termasuk satu dari dua pebulutangkis yang mendapat dua poin dan lolos ke semifinal. 

Berikut klasemen sementara tunggal putra di BWF World Tour Finals 2019:

GRUP B

No Pemain Main Menang Kalah Selisih Set  
1 Chou Tien Chen 1 1 0 2-1 57-59
2 Anthony Sinisuka Ginting 2 1 1 3-2 101-80
3 Chen Long  2 1 1 2-3 75-97
4 Viktor Axelsen  1 0 1 1-2 55-52