Jepang di BWF World Tour Finals 2019, Keseimbangan Kualitas dan Kuantitas

Sabtu, 14 Desember 2019 08:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Shi Tang/Getty Images
Yuta Watanabe dan Hiroyuki Endo, ganda putra terbaik milik Jepang di BWF World Tour Finals 2019. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Yuta Watanabe dan Hiroyuki Endo, ganda putra terbaik milik Jepang di BWF World Tour Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Wakil Jepang mendominasi di BWF World Tour Finals 2019. Ada 7 dari 8 wakil Jepang, akan berlaga di babak semifinal. 

Turnamen BWF World Tour Finals 2019 akan menggelar pertandingan babak semifinal hari ini, Sabtu (14/12/19). Sebanyak 3 wakil Indonesia akan berlaga di babak semifinal. 

Hanya ada 3 wakil di semifinal tentunya cukup disayangkan mengingat Indonesia mengingat ada 7 wakil yang bertanding di  babak penyisihan grup. 

Capaian wakil Indonesia tersebut bisa dibilang berbanding terbalik dengan yang ditorehkan wakil Jepang di BWF World Tour Finals 2019. 

Jepang mengirim 8 wakil di babak penyisihan grup, dan dari 8 wakil tersebut, 7 diantaranya berhasil lolos ke babak semifinal. Jepang pun menjadi negara dengan wakil terbanyak di babak semifinal. 

Hanya Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di nomor ganda putra saja yang gagal lolos ke babak semifinal. Apakah ini pertanda bahwa Jepang akan menjadi juara umum di BWF World Tour Finals 2019?

Kuantitas = Kualitas 

Jepang membuktikan bahwa kualitas yang mereka miliki setara dengan kuantitas wakil mereka di BWF World Tour Finals 2019. Jepang punya jumlah wakil yang sama dengan China, yaitu 8 wakil. 

Tetapi hanya 5 dari 8 wakil China yang berhasil lolos ke babak semifinal. Sedangkan Jepang, berhasil meloloskan 7 dari 8 wakilnya ke babak semifinal. 

Dari 7 wakil tersebut, 5 diantaranya lolos ke babak semifinal sebagai juara grup. Itu artinya wakil-wakil Jepang memang lolos karena kualitas permainan mereka yang membuat lawan kewalahan.

Contohnya Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang menjadi juara Grup A ganda putra. Endo/Watanabe menyapu bersih tiga pertandingan fase grup termasuk mengalahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. 

Tunggal putra Jepang, Kento Momota juga tampil sempurna dengan meraih 3 kemenangan di fase grup. Begitu juga tunggal putri Nozomi Okuhara yang tak terkalahkan. 

Di nomor ganda putri dan ganda campuran, wakil Jepang juga menjadi juara grup dengan torehan yang sama dengan rekan-rekannya di nomor lain, yaitu menyapu bersih 3 kemenangan. 

Maka tak heran jika Jepang mendominasi babak semifinal dengan meloloskan 7 wakilnya. 

Berpeluang Juara Umum

Dengan meloloskan 7 wakil ke babak semifinal maka semakin besar pula peluang Jepang untuk menjadi juara umum di BWF World Tour Finals 2019. 

Di nomor tunggal putri, Jepang berpeluang mencatatkan All Japan Final dengan Akane Yamaguchi dan Nozomi Okuhara. Sedangkan di nomor ganda putri, Jepang sudah memastikan satu tempat di final. 

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota akan berhadapan dengan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara di babak semifinal. 

Sedangkan untuk nomor tunggal putra, Kento Momota yang punya 8 gelar BWF World Tour di tahun 2019 ini hanya akan berhadapan dengan Wang Tzu-wei, lawan yang sudah ia kalahkan di babak grup. 

Jika melihat pola yang ada, setidaknya Jepang dapat menangkan 3 dari 5 gelar di BWF World Tour Finals 2019 dan menjadi juara umum.