Pemain Muda Terbaik 2019 Pilihan INDOSPORT: Leo Rolly/Daniel Marthin

Jumat, 27 Desember 2019 12:00 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© badmintonindonesia.org
Jika Atlet Putra Terbaik 2019 diraih oleh Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, penghargaan Pemain Muda Terbaik 2019 diraih oleh juniornya, Leo Rolly/Daniel Marthin. Copyright: © badmintonindonesia.org
Jika Atlet Putra Terbaik 2019 diraih oleh Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, penghargaan Pemain Muda Terbaik 2019 diraih oleh juniornya, Leo Rolly/Daniel Marthin.

INDOSPORT.COM - Jika Atlet Putra Terbaik 2019 diraih oleh ganda putra bulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, penghargaan Pemain Muda Terbaik 2019 diraih oleh junior mereka, yaitu Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Predikat sebagai yang terbaik untuk para atlet muda terbaik Indonesia di tahun 2019 pada pasangan ganda putra junior bulutangkis Indonesia memang tak perlu didebatkan lagi. Leo Rolly/Daniel Marthin memang pantas untuk penghargaan ini.

Bahkan mulai banyak media baik lokal atau pun asing yang menyebut Leo Rolly/Daniel Marthin sebagai penerus takhta Kevin/Marcus sebagai raja ganda putra bulutangkis Indonesia dan juga di dunia.

Seperti yang kita ketahui, sejauh ini, Kevin/Marcus memang masih berada di puncak ranking BWF dan tak tergeser selama beberapa waktu terakhir. Melihat bakat yang dimiliki oleh Leo Rolly/Daniel Marthin pun, diyakini mereka punya potensi untuk meneruskan kejayaan Kevin/Marcus.

Pemilihan penghargaan Pemain Muda Terbaik 2019 yang jatuh kepada Leo Rolly/Daniel Marthin ini pun berdasarkan prestasi yang mereka ukir dan mengharumkan nama Indonesia di sepanjang tahun ini.

Yang paling disorot adalah kesuksesan pasangan ganda putra muda bulutangkis Indonesia ini menjadi juara Asia dan Dunia. Leo Rolly/Daniel Marthin berhasil menjadi juara Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Junior Dunia di tahun ini.

Leo Rolly/Daniel Marthin Juara Kejuaraan Junior Asia dan Dunia 2019

Pada akhir Juli 2019, Leo Rolly/Daniel Marthin bisa dibilang pertama kali menjuarai turnamen bergengsi di level junior. Yaitu membawa Indonesia meraih juara di nomor ganda putra Kejuaraan Junior Asia 2019.

Leo Rolly/Daniel Marthin mengalahkan rival bebuyutannya di babak final, yaitu wakil China, Di Zijian/Wang Chang. Perlawanan tak mudah harus mereka lalui hingga rubbet game, akhirnya menang dengan skor akhir 9-21, 21-15 dan 19-21.

Pasangan ganda putra muda Indonesia kembali lagi bertemu dengan lawan yang sama di babak final Kejuaraan Junior Dunia 2019. Tapi kali ini, mereka berhasil menang langsung dua set, dengan skor akhir 19-21, 18-21 pada Oktober kemarin.

Keberhasilan memenangkan Kejuaraan Junior Dunia pada nomor ganda putra membuat Leo Rolly yang saat itu tampil di tiga nomor sekaligus merasa lega akan pencapaiannya bersama Daniel Marthin.

"Saya sempat ragu dan tegang. Masa masuk ke final dengan dua nomor, satu pun tak ada yang juara. Akhirnya saya merasa senang bisa juara karena Indonesia sudah lama tidak juara dunia junior di nomor ganda putra," ucapnya usai sukses di Kejuaraan Junior Dunia pada Oktober lalu.

Bagaimana tidak, dengan kesuksesan Leo Rolly/Daniel Marthin meraih gelar juara Kejuaraan Junior Dunia tahun 2019 ini, itu merupakan prestasi pertama kali untuk Indonesia di level junior bulutangkis dunia.

Leo Rolly/Daniel Marthin, Ganda Putra Menakutkan di Level Junior Dunia

Tidak hanya berhasil menjuarai Kejuaraan Junior Asia dan Dunia, pasangan Leo Rolly/Daniel Marthin ternyata juga sudah merasakan gelar juara di berbagai turnamen dunia level junior lainnya.

Seperti menjuarai turnamen India Junior Grand Prix tahun 2018, Bangladesh IC 2019, Turkey IC 2018, Malaysia Junior IC 2019, hingga menjadi runner-up di berbagai turnamen seperti Jakarta Open IC 2016, Indonesia Junior GP 2016 hingga Jerman Junior GP 2019.

Bahkan usai keberhasilannya menjuarai Kejuaraan Junior Asia 2019, Leo Rolly/Daniel Marthin pertama kali diikutkan turnamen BWF Tour untuk pertama kalinya, yakni Akita Masters Super 100 di Jepang.

Sayang, mereka berhenti di babak perempatfinal Akita Masters 2019 setelah kalah tiga set dari wakil China, Huang Kai Xiang/Liu Cheng pada pertengahan Agustus 2019 lalu. 

Tapi tetap saja, hasil minor di Akita Masters 2019 itu tak menjadi noda hitam dalam kesuksesan yang diraih oleh Leo Rolly/Daniel Marthin di level junior bulutangkis dunia.

Bahkan seperti yang diberitakan oleh djarumbadminton.com pada pertengahan tahun ini, pasangan Leo Rolly/Daniel Marthin masuk dalam daftar nominasi penghargaan resmi Most Pomising Player of the Year 2019 dari BWF.