Dari Hasil Turnamen, Siapa Petenis Terkaya Tahun 2019?

Sabtu, 28 Desember 2019 18:10 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© TPN/Getty Images
Rafael Nadal selebrasi usai mengalahkan Daniil Medvedev di Nitto ATP Finals 2019. Copyright: © TPN/Getty Images
Rafael Nadal selebrasi usai mengalahkan Daniil Medvedev di Nitto ATP Finals 2019.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu olahraga paling populer di dunia, tenis menawarkan hadiah uang fantastis di hampir setiap turnamennya. Bahkan hanya dengan lolos ke babak utama turnamen tenis bergengsi saja, Anda bisa membawa pulang uang tunai cukup besar.

Tahun ini, AS Terbuka menawarkan hadiah uang tunai yang memecahkan rekor sebagai nilai hadiah turnamen tenis terbesar sepanjang masa. Turnamen yang digelar Agustus 2019 silam ini berhadiah total 57 juta dolar AS, atau sekitar 800 miliar rupiah!

Setiap peserta yang berakhir di babak tertentu pun juga kecipratan hadiah uang yang besar. Mereka yang masuk dalam babak 128 besar saja sudah mengantongi 813 miliar rupiah. Sementara sang pemenang di sektor tunggal membawa pulang 3,85 juta dolar AS (Rp53 miliar).

Di sektor tunggal putra, Rafael Nadal menjadi pemenang yang berhak membawa pulang uang tunai sebesar itu. Sementara di sektor putri, petenis Kanada Bianca Andreescu yang mencatat namanya sebagai juara.

Secara keseluruhan, hadiah AS Terbuka itu nyaris seperempat dari total hadiah uang yang dibungkus Nadal dalam tur ATP tahun ini. Sang petenis Spanyol total mengemas empat gelar dari 5 penampilan di babak final dalam turnamen 2019. Ia pun mengakhiri 2019 sebagai peringkat satu dunia.

Raihan fantastis tersebut juga diiringi dengan nominal hadiah yang luar biasa. Dari berbagai turnamen yang dilakoni, Nadal mencatat hadiah terbesar tahun ini yakni total 16.349.586 dolar AS, atau sekitar 230 miliar rupiah.

Sementara Bianca Andreescu yang memenangkan hadiah terbesar dalam satu turnamen, bukan menjadi petenis terkaya tahun ini di sektor putri. Rekor ini dipegang oleh petenis Australia, Ashleigh Barty.

Ash Barty di tahun ini mencatat pencapaian tertinggi ketika menjadi juara Prancis Terbuka 2019. Dari turnamen tersebut, petenis berusia 23 tahun ini mengemas hadiah uang senilai 32 miliar rupiah.

Jika ditotal, pendapatan Ash Barty tahun ini sejumlah 11.307.587 dolar AS atau sekitar 158,5 miliar rupiah.