Susah Payah Lolos dari Kualifikasi, Sejauh Apa Ruselli Hartawan Buat Kejutan di Malaysia Master

Selasa, 7 Januari 2020 15:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Ruselli Hartawan sukses melalui kualifikasi untuk tampil di babak utama kejuaraan bulutangkis Malaysia Master 2020. Copyright: © Ronald Seger Pprabowo/INDOSPORT
Ruselli Hartawan sukses melalui kualifikasi untuk tampil di babak utama kejuaraan bulutangkis Malaysia Master 2020.

INDOSPORT.COM - Ruselli Hartawan sukses melalui kualifikasi untuk tampil di babak utama kejuaraan bulutangkis Malaysia Master 2020, akankah tunggal putri Indonesia itu bisa berbicara banyak?

Tunggal putri yang menjadi bagian Pelatnas PBSI tahun 2020, Ruselli Hartawan harus melewati babak kualifikasi untuk bisa tampil di turnamen bulutangkis Malaysia Master 2020 yang dimulai hari ini, Selasa (07/01/19). 

Mengalahkan tunggal putri Chinese Taipe, Pai Yu Po dalam pertandingan tiga set 13-21, 21-14 dan 21-17 di kualifikasi, Ruselli Hartawan lolos ke babak utama dan harus berhadapan dengan tunggal putri Singapura Yeo Jia Min.

Langkah Ruselli Hartawan di Malaysia Master

Bersua Yeo Jia Min, menjadi sebuah hasil undian yang menguntungkan buat Ruselli Hartawan. Sebab meski kalah peringkat di rangking BWF, Ruselli Hartawan punya keunggulan head to head meyakinkan atas Yeo Jia Min.

Ruselli Hartawan unggul 4-1, dimana tiga kemenangan diantarannya berhasil dirinya ciptakan di tiga pertemuan terakhir melawan Yeo Jia Min.

Untuk itu rasannya, Ruselli Hartawan akan bisa dengan mudah melewati lawan asal Singapura itu di putaran pertama Malaysia Master 2020. Sekaligus melampaui apa yang didapatnya di turnamen yang sama setahun lalu.

Sayangnya jika bisa melewati Yeo Jia Min, Ruselli Hartawan sudah akan ditunggu lawan yang diatas kertas sangat sulit buat dilampauinnya. Mereka adalah diantara peringkat tujuh dunia He Bing Jiao, atau tunggal putri Korea Selatan Kim Ga Eun.

Selain peringkat Ruselli Hartawan yang ada di rangking 37 BWF, yang terpaut jauh dari dua pebulutangkis tersebut. Ruselli Hartawan pun memiliki head to head yang buruk kala bersua He Bing Jiao dan Kim Ga Eun. Yakni Ruselli Hartawan selalu kalah dalam tiga pertemuan terakhir.

Maka dari itu setelah susah payah lolos dari kualifikasi, kemungkinan besar Ruselli Hartawan hanya akan bertahan hingga putaran kedua atau babak 16 besar Malaysia Master 2020 kali ini. Meski belum cukup baik, namun setidaknya hasil itu bisa melampaui capaiannya setahun lalu.