Kenang Momen Kejayaan Duo Menara, Media China Seret Nama Kevin/Marcus

Rabu, 1 April 2020 16:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra China, Liu Yuchen protes kepada wasit dalam laga semifinal Indonesia Open 2019 melawan Kevin/Marcus. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra China, Liu Yuchen protes kepada wasit dalam laga semifinal Indonesia Open 2019 melawan Kevin/Marcus.

INDOSPORT.COM – Nama ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon disebut oleh media di China saat mereka mengenang momen kejayaan ganda putra Li Junhui / Liu Yuchen.

Hari ini, Rabu (01/04/20), menjadi momen berharga bagi pasangan ganda putra kebanggaan Negeri Tirai Bambu, Li Junhui/Liu Yuchen. Pada hari itu, mereka berhasil menempatkan diri sebagai salah satu ganda putra terbaik di dunia.

Kembali pada turnamen bulutangkis Open 2017 silam, sosok Li Junhui/Liu Yuchen memberi kejutan dengan berhasil mencapai semifinal. Mereka kala itu mampu mengalahkan Wu Weisheng/Chen Weiqiang di babak perempatfinal.

Media China, Aiyuke, kemudian mengklaim demi meraih babak final India Open 2017 waktu itu, Li Junhui/Liu Yuchen harus mengalahkan ganda putra terbaik dunia dari Indonesia, yakni Kevin/Marcus.

Sayangnya, langkah Li Junhui/Liu Yuchen terhenti usai ganda putra Indonesia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi menaklukkan mereka di babak semifinal lewat permainan 21-16, 13-21 dan 21-16.

Angga/Ricky lolos ke final dan berhadapan dengan Kevin/Marcus. Kevin/Marcus pun berhasil merebut gelar juara dengan kemenangan dua gim 21-11, 21-15.

Meski Li Junhui/Liu Yuchen gagal menjadi juara, media Aiyuke mengelu-elukan pencapaian pasangan berjuluk ‘Duo Menara’, karena mereka berhasil menggeser posisi Kevin/Marcus sebagai ganda putra no. 1 dunia.

Ternyata perubahan posisi itu terjadi karena poin Kevin dan Marcus tak berubah karena pada tahun lalu mereka juga menjuarai India Open. Sehingga, poin kemenangannya di tahun ini tentu tak akan berubah.

Sementara bagi Li dan Liu, raihannya di India Open pada tahun ini lebih tinggi dengan menapaki babak semifinal. Pada tahun lalu, langkah pasangan China itu langsung terhenti di babak pertama. 

Dalam daftar resmi peringkat yang dikeluarkan BWF kala itu, Kevin dan Marcus serta  Li dan Liu hanya memiliki perbedaan poin yang tipis. Juara All England 2017 itu memiliki 72.471 poin, sementara Junhui/Yuchen unggul sedikit dengan raihan 72.718 poin.

Torehan Junhui/Yuchen ini menjadikannya sebagai pasangan ganda putra China pertama yang berhasil merebut posisi puncak rangking BWF setelah Guo Yu/Fu Haifeng.