Mona Santoso, Eks Pebulutangkis Indonesia yang Hijrah ke Amerika Serikat

Kamis, 11 Juni 2020 20:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Rob Monk/Future Publishing via Getty Images
Mona Santoso, Mantan Pebulutangkis Indonesia yang Hijrah ke AS. Copyright: © Rob Monk/Future Publishing via Getty Images
Mona Santoso, Mantan Pebulutangkis Indonesia yang Hijrah ke AS.

INDOSPORT.COM - Mengenal Mona Santoso, salah satu mantan pemain bulutangkis putri Indonesia yang hijrah ke Amerika Serikat dan berhasil meraih gelar juara.

Indonesia sendiri memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil atlet badminton terbaik di dunia, tidak heran jika banyak pebulutangkis Tanah Air kerap bertengger di podium juara sejumlah turnamen besar BWF.

Bahkan sampai saat ini ada beberapa rekor bulutangkis Indonesia yang belum dipecahkan. Di antaranya rekor gelar All England terbanyak secara berturut-turut yang diraih tunggal putra Rudy Hartono.

Pebulutangkis kelahiran Surabaya tersebut berhasil memenangkan All England berturut-turut sebanyak 7 kali, mulai dari tahun 1968 hingga 1974 dan kembali menjadi juara tahun 1976.

Atas prestasinya tersebut, dirinya yang telah memenangkan 8 gelar All England masuk dalam catatan Guinness Book of Record sebagai pemain tunggal putra yang paling banyak juara.

Tidak cuma rekor, beberapa pebulutangkis Indonesia pun kerap kali menguasai ranking BWF dan teranyar ada dua ganda putra Tanah Air yang kini menduduki peringkat satu dan dunia BWF.

Mereka adalah Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya sebagai pemuncak BWF, serta pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berada di bawahnya.

Saking banyaknya atlet berprestasi di Indonesia, menjadikan persaingan untuk menembus pelatnas sangatlah ketat bahkan tidak jarang para peraih juara harus tersingkir dari pemusatan latihan nasional akibat inkonsistensi prestasi.

Dengan persaingan ketat di Tanah Air tersebut, banyak pebulutangkis Indonesia yang memutuskan hijrah keluar negeri dan berkarier di sana. Bahkan ada yang sampai membela negara baru mereka di sejumlah ajang BWF.

Salah satu atlet badminton yang memutuskan berkarier di luar negeri adalah Mona Santoso. Spesialis tunggal putri dan ganda tersebut memperkuat Amerika Serikat pada beberapa turnamen bahkan berhasil meraih gelar juara.

Lantas seperti apakah kiprah serta perjalanan Mona Santoso saat masih aktif membela Indonesia, hingga perjalanan karirnya di Amerika Serikat? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.