In-depth

Kisah Mia Audina & Tony Gunawan: Ketika Mendua hanya karena Keadaan

Minggu, 21 Juni 2020 19:17 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nick Laham/Getty Images
Kisah dari dua eks pebulutangkis hebat Indonesia, yakni Mia Audina dan Tony Gunawan yang terpaksa mendua karena keadaan. Copyright: © Nick Laham/Getty Images
Kisah dari dua eks pebulutangkis hebat Indonesia, yakni Mia Audina dan Tony Gunawan yang terpaksa mendua karena keadaan.
Kisah Mia Audina & Tony Gunawan: Kala Mendua Bukan karena Keinginan

Tony Gunawan

Jika itu tadi Mia Audina, maka lain halnya dengan Tony Gunawan. Juara Dunia dua kali tersebut secara blak-blakan dalam sebuah podcast bersama pebulutangkis Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, bertajuk A Year on Tour with Vittinghus, membongkar  alasannya pindah dan menjadi warga negara Amerika Serikat.

“Sebenarnya itu bukan alasan utama saya pindah ke AS karena tak ada lagi yang lebih tinggi dari memenangkan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia di bulutangkis,” buka Tony.

“Jadi saya pindah ke AS untuk mengejar karier lain. Saya kembali ke sekolah untuk belajar computer engineering selama dua tahun.”

Namun rupanya Tony tak bisa jauh-jauh dari dunia tepok bulu. “Lalu saya menjadi juara dunia, jadi saya menunda waktu studi selama dua bulan untuk persiapan jelang Kejuaraan Dunia. Saya latihan lagi setiap pagi sendiri.”

“Setelah itu ikut turnamen sana-sini dan akhirnya saya tak bisa lepas dari karier di bulutangkis. Jadi saya kembali menjadi pemain lagi dan harus dropout dari sekolah,” tuturnya

Dari kedua penjelasan Mia Audina dan Tony Gunawan dapat disimpulkan bahwa tidak benar kalau mereka tidak nasionalis, dan tidak benar juga menjadikan alasan kepindahan mereka untuk menyebut bahwa mereka telah melupakan Indonesia.

Baik Mia Audina dan Tony Gunawan sama-sama sangat menghormati Indonesia sebagai negara yang pernah mereka bela ketika masih bermain bulutangkis dulu dan itu telah mereka buktikan dengan sejumlah gelar yang mereka dedikasikan khusus untuk Tanah Air tercinta.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%