Klub Badminton Korea Jadi Pusat Penyebaran Corona, 3 Positif

Selasa, 14 Juli 2020 11:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Korea Times
Klub bulutangkis asal Korea Selatan yang berlokasi di kota Gwangju, berubah jadi cluster baru penyebaran virus corona. Hal ini terjadi setelah tiga orang dinyatakan positif terjangkit virus. Copyright: © Korea Times
Klub bulutangkis asal Korea Selatan yang berlokasi di kota Gwangju, berubah jadi cluster baru penyebaran virus corona. Hal ini terjadi setelah tiga orang dinyatakan positif terjangkit virus.

INDOSPORT.COM – Klub bulutangkis asal Korea Selatan yang berlokasi di kota Gwangju, berubah jadi cluster baru penyebaran virus corona. Hal ini terjadi setelah tiga orang dinyatakan positif terjangkit virus.

Dilansir dari Korea Joongang Daily, tujuh orang pasien virus corona baru-baru ini ditemukan pada  tes yang dilakukan di lingkungan klub bulutangkis di kota Gwangju. Tiga diantaranya sudah menerima hasil tes positif pada hari Sabtu (11/07/20) pekan lalu.

Menurut laporan, penularan virus yang terjadi di dalam klub bulutangkis itu berasal dari anggota klub yang terinfeksi setelah mengunjungi Gedung Geumyang di kota itu. Gedung itu sendiri jadi tempat di mana lebih dari 25 orang terinfeksi.

Kasus-kasus yang terjadi digedung itu kemudian terhubung ke Kuil Gwangreuk, yang menyebabkan 14 orang terinfeksi. 

Setelah dilakukan penelusuran, petugas kesehatan meyakini sekitar 135 pasien Covid-19 yang ditemukan di kota Gwangju saling terhubung satu sama lain, menjadikan area ini sebagai tempat penyebaran virus paling cepat di luar kota Seoul.

Dengan munculnya kasus-kasus baru yang berawal dari anggota klub bulutangkis itu, pemerintah kota Gwangju pun menyatakan akan menutup kota tersebut, berikut berbagai event yang digelar di daerah itu.

Walikota Gwangju, Lee Yong-seop, dalam konferensi pers-nya mengumumkan bahwa semua kegiatan olahraga masyarakat, termasuk pertandingan persahabatan dan pertandingan liga,dilarang hingga 25 Juli untuk menekan penyebaran virus di dalam kota.

Sejauh ini total kasus virus corona di Korea selatan sudah mencapai 13.417. Terhitung sejak hari Sabtu, 289 orang meninggal dunia, sementara 12.178 orang dinyatakan pulih sepenuhnya.