Ditolak Indonesia, Wakil Israel Nyatanya Pernah Redam Anthony Ginting

Kamis, 16 Juli 2020 18:12 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Badminton Indonesia
Meski sempat ditolak masuk ke Indonesia, wakil Israel Misha Zilberman nyatanya pernah redam tunggal putra Tanah Air Anthony Sinisuka Ginting. Copyright: © Badminton Indonesia
Meski sempat ditolak masuk ke Indonesia, wakil Israel Misha Zilberman nyatanya pernah redam tunggal putra Tanah Air Anthony Sinisuka Ginting.

INDOSPORT.COM - Meski sempat ditolak masuk ke Indonesia, wakil Israel Misha Zilberman nyatanya pernah redam tunggal putra Tanah Air Anthony Sinisuka Ginting.

Misha Zilberman ternyata memiliki kenangan pahit ketika hendak bertanding di Kejuaraan Dunia Bulutangis 2015 yang saat itu berjalan di Indonesia.

Pebulutangkis berusia 31 tahun itu sempat kesulitan untuk mendapatkan izin memperoleh visa ke Indonesia. Pasalnya Indonesia dan Israel tak ada hubungan diplomatik.

"Saya tidak bisa bermain di beberapa negara seperti Malaysia dan Indonesia. Mereka memblokir saya," tutur Misha dikutip SportStar.

Meski begitu, Misha sempat menunggu selama dua pekan di Singapura agar benar-benar bisa tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis lima tahun silam.

Dirinya baru bisa tiba di Indonesia malam sebelum laga. Hasilnya Misha takluk dari Shu Jen Hao (Chinese Taipei) dengan skor 14-21, 14-21.

Pebulutangkis kelahiran 30 Januari 1989 itu mengeluhkan perbuahan jadwal laga yang tiba-tiba. Tak hanya itu teror pun dialaminya ketika ke Indonesia.

"Saya pikir olahraga harus dijauhi dari politik. Akan selalu saja ada masalah seperti itu (ditolak). Namun saya harus tetap berada di jalan yang saya bisa," papar Misha.

Terlepas dari hal tersebut, pada kenyataannya setahun berselang, Misha Zilberman turut berjumpa dengan wakil Indonesia Anthony Ginting.

Tepatnya ketika Misha dan Ginting mentas di Syed Modi International Badminton Championships, 27 Januari 2016. Pertandingan pun berjalan sangat seru.

Di gim pertama saja, aksi saling kejar skor terjadi antara Misha dan Ginting. Bahkan permainan dilanjut hingga juice tetapi dimenangkan tunggal putra Israel, 23-21.

Lalu di gim kedua, Ginting sempat bangkit dengan menekan wakil Israel itu. Namun Misha bisa meredam tunggal putra Indonesia tersebut dengan skor 22-20.

Pertemuan ini menjadi yang perdana dan kemungkinan terakhir. Karena sampai saat ini Misha dan Ginting belum pernah berhadapan lagi.