Merasa Cocok, Wakil Malaysia Bandingkan dengan Flandy Limpele dengan Paulus Firman

Minggu, 9 Agustus 2020 07:12 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indranil Mukherjee/AFP via Getty Images-
Pebulutangkis Aaron Chia mengakui cocok dengan gaya pelatihan Flandy Limpele dan membandingkannya dengan eks pelatih terdahulunya, Paulus Firman. Copyright: © Indranil Mukherjee/AFP via Getty Images-
Pebulutangkis Aaron Chia mengakui cocok dengan gaya pelatihan Flandy Limpele dan membandingkannya dengan eks pelatih terdahulunya, Paulus Firman.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Aaron Chia mengakui cocok dengan gaya pelatihan Flandy Limpele dan membandingkannya dengan eks pelatih terdahulu mereka, Paulus Firman.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) diketahui memilih pelatih Flandy Limpele sebagai Kepala pelatih ganda putra baru menggantikan posisi kepala pelatih sebelumnya, Paulus Firman pada awal Mei lalu.

Tetapi, Flandy Limpele baru membersamai sektor ganda putra Malaysia pada akhir Juli lalu karena terhalang status Malaysia yang masih menerapkan lockdown akibat adanya pandemi virus Corona, dimana BAM memulai pelatihan untuk kali pertama per 1 Juni 2020 lalu.

Setelah beberapa lama bersama pelatih bulutangkis asal Indonesia tersebut, pebulutangkis ganda putra Malaysia, Aaron Chia mengaku kalau dirinya cocok dengan metode pelatihan yang diterapkan oleh Flandy Limpele.

Diakui oleh pebulutangkis Malaysia, Aaron Chia, sosok Flandy Limpele merupakan sosok pelatih yang kerap kali menanamkan aura positif kepada setiap pemainnya dan rekan duet Soh Wooi Yik itu percaya kalau mereka bisa membina kerja sama yang baik.

“Kami perlu percaya satu sama lain. Kami perlu mempercayai pelatih Flandy dan dia juga perlu mempercayai kami, hanya dengan begitu kami dapat membina kerjasama yang baik," katanya.

"Dia orang yang sangat positif. Setiap hari dia akan memberi kami kata-kata penyemangat dan itu memberi kami motivasi positif," ujar Aaron Chia dikutip dari media Bharian.

Pebulutangkis Malaysia, Aaron Chia pun menjelaskan perbedaan pola pelatihan Flandy Limpele dengan pelatihnya sebelumnya yang masih sama-sama berasal dari Indonesia, yakni Paulus Firman. Meskipun pola pelatihan kedua pelatih tersebut berbeda, ia tetap memaklumi hal tersebut.

"Tentu saja pola latihannya berbeda dengan pelatih sebelumnya (Paulus Firman). Tapi itu wajar karena setiap pelatih punya caranya sendiri-sendiri,"  pungkasnya.

Di bawah asuhan Paulus Firman, pebulutangkis Aaron Chia bersama dengan pasangannya Soh Wooi Yik berhasil meraih medali emas SEA Games 2019 serta menjadi runner-up All England 2019 dan menembus peringkat 10 besar dunia, tetapi belum berhasil memenangkan gelar BWF World Tour sejak pertama kali dipasangkan pada tahun 2017 lalu.

Kehadiran Kepala pelatih baru yakni Flandy Limpele diharapkan bisa membawa pasangan ganda putra nomor 1 Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik meraih gelar di BWF World Tour untuk kali pertama alias pecah telur.