Pemain Belanda Ingin Duet dengan Pebulutangkis yang Pernah Jadi Peringkat 1 Dunia dengan 4 Pasangan

Sabtu, 21 November 2020 07:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Belanda, Robin Tabeling ingin berduet dengan pemain yang menempati peringkat 1 dunia dengan 4 pemain berbeda yakni Lee Yong-dae. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Belanda, Robin Tabeling ingin berduet dengan pemain yang menempati peringkat 1 dunia dengan 4 pemain berbeda yakni Lee Yong-dae.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Belanda, Robin Tabeling ingin berduet dengan pemain yang menempati peringkat 1 dunia dengan 4 pemain berbeda yakni Lee Yong-dae.

Robin Tabeling merupakan pemain spesialis ganda terbaik yang dimiliki oleh Belanda pada saat ini. Ketika ditanyai siapakah pebulutangkis yang menjadi favoritnya oleh Badminton Europe.

Dan pebulutangkis Belanda Robin Tabeling menyebut nama pebulutangkis spesialis ganda Korea Selatan yang pernah menempati peringkat 1 dunia dengan 4 pasangan berbeda, yakni Lee Yong-dae.

"Tentu saja Lee Young-dae, yang telah berada di level kelas dunia selama bertahun-tahun dengan partner yang berbeda. Mendali sebagai remaja di Olimpiade dan beberapa medali Kejuaraan Dunia, saya telah menonton hampir semua pertandingannya," jelas Robin Tabeling.

Bersama dengan Lee Hyo-jung, Lee Yong-dae tak hanya berhasil meraih peringkat 1 dunia di sektor ganda campuran, tetapi ia juga berhasil meraih medali emas Olimpiade usai mengalahkan pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir dengan skor 21-11, 21-17.

Bersama Lee Hyo-jung, pebulutangkis yang sempat memutuskan pensiun di tahun 2018 kemudian comeback lagi di tahun 2019 tersebut juga berhasil meraih banyak gelar seperti China Open, Swiss Open, Korea Open hingga Hong Kong Open.

Tidak hanya berhasil menempati peringkat 1 dunia di sektor ganda campuran saja, Lee Yong-dae juga berhasil melakukan yang sama saat bermain di ganda putra. Bahkan, hal itu dilakukannya dengan tiga pasangan berbeda.

Berpasangan dengan Jung Jae-sung, Lee Yong-dae sukses meraih berbagai macam gelar dan medali perunggu Olimpiade. Namun, tak hanya sekadar meraih medali perunggu Olimpiade saja, legenda bulutangkis Korsel itu pun juga menempati peringkat 1 dunia bersama rekannya yang kini telah berpulang.

Selanjutnya adalah Ko Sung-hyun. Bermain bersama Ko Sung-hyun, Lee Yong-dae berhasil mengoleksi banyak gelar sekaligus pernah menempati peringkat 1 dunia di sektor ganda putra.

Lalu, yang terakhir adalah Yoo Yeon-seong. Bersama dengan rekannya itu, Lee Yong-dae mendominasi ganda putra dalam beberapa waktu. Bahkan tak hanya berbagai macam gelar Super Series saja yang berhasil diraihnya, predikat sebagai ganda putra peringkat 1 dunia pun juga pernah mereka raih.

Terlebih lagi, pasangan Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong sukses menempati peringkat 1 dunia selama 117 minggu berturut-turut dan akhirnya rekor tersebut dipecahkan oleh wakil Indonesia, yakni Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.