Peraih Medali Olimpiade yang Putuskan Pindah Dari Indonesia

Kamis, 10 Desember 2020 11:12 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Sukses meraih medali di gelaran sebesar Olimpiade, dua eks pebulutangkis ini nyatanya memutuskan untuk pindah dari Indonesia karena keadaan, siapa saja? Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Sukses meraih medali di gelaran sebesar Olimpiade, dua eks pebulutangkis ini nyatanya memutuskan untuk pindah dari Indonesia karena keadaan, siapa saja?

INDOSPORT.COM - Sukses meraih medali di gelaran sebesar Olimpiade, dua eks pebulutangkis ini nyatanya memutuskan untuk pindah dari Indonesia karena keadaan, siapa saja?

Tidak dapat  dipungkiri Indonesia sudah dikenal sebagai negara penghasil bakat bulutangkis sejak dulu. Dua diantaranya adalah Mia Audina dan Tony Gunawan.

Kedua eks pebulutangkis itu diketahui merupakan produk binaan Indonesia yang bersinar di elit dunia di masing-masing sektor yakni tunggal putri dan ganda putra.

Bahkan bukti nyata kesuksesan Mia Audina dan Tony Gunawan di level elit bulutangkis adalah medali Olimpiade yang berhasil mereka raih selama masih menjadi pebulutangkis.

Mia Audina merupakan eks pebulutangkis yang berhasil meraih medali perak di dua edisi Olimpiade yakni Olimpiade Atlanta 1996 dan Olimpiade Athena 2004.

Jika Mia hanya berhasil meraih medali perak, berbeda dengan Tony Gunawan yang berhasil medali emas Olimpiade Sydney 2000 bersama dengan rekannya Candra Wijaya di ganda putra.

Namun setelah berhasil mempersembahkan dan mengharumkan nama Indonesia, keduanya memutuskan untuk meninggalkan Tanah Air dengan alasannya masing-masing.

Jika Mia Audina pergi dari Indonesia karena harus ikut dengan suaminya Tylio Arlo Lobman yang berdomisili di Belanda, maka berbeda dengan alasan yang dimiliki oleh Tony.

Eks pebulutangkis yang serba bisa itu memutuskan pindah dari Indonesia dan menetap di Amerika Serikat lantaran ingin melanjutkan pendidikannya, meskipun akhirnya tak bisa berpaling dari bulutangkis dan kembali aktif bermain di sana.