Sang Penguasa BWF World Tour Finals Itu Absen, Siapa Penggantinya?

Rabu, 27 Januari 2021 12:38 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Indosport.com
Pasanan ganda putri China,
Chen Qingchen/Jia Yifan. Copyright: © Indosport.com
Pasanan ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

INDOSPORT.COM - Mulai 2018, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengganti nama turnamen tutup tahun dari BWF Superseries Finals menjadi BWF World Tour Finals.

Pasa 27-31 Januari 2021, akan digelar BWF World Tour Finals 2020. Ini merupakan kali ketiga turnamen tersebut digelar dan yang pertama dilaksanakan di Bangkok, Thailand. Seharusnya, seperti dua penyelenggaraan sebelumnya, BWF World Tour Finals 2020 digelar di Guangzhou, China.

Namun, karena ada pandemi Covid-19, banyak perubahan terjadi, termasuk tempat penyelenggaraan yang pindah ke Bangkok, dan diadakan pada awal 2021.

Dari dua penyelenggaraan BWF World Tour Finals sebelumnya, China selalu berhasil meraih tiga gelar untuk setiap tahunnya. Dengan demikian, dari 10 gelar yang ada selama dua tahun, China merebut enam di antaranya.

Ganda campuran adalah nomor yang dalam dua tahun penyelenggaraan BWF World Tour Finals selalu dimenangi wakil China. Wang Yilyu/Huang Dongping adalah jaura 2018, lalu Zheng Siwei/Huang Yaqiong mejadi juara 2019.

Empat wakil China lainnya yang sudah merasakan menjadi juara BWF World Tour Finals adalah Shi Yuqi (tunggal putra/2018), Li Junhui/Liu Yuchen (ganda putra/2018, Chen Yufei (tunggal putri/2019), dan Chen Qingchen/Jia Yifan (ganda putri/2019).

Jepang berada di urutan kedua sebagai negara yang pemainnya meraih gelar terbanyak di BWF World Tour Finals. Jepang meraih gelar turnamen ini lewat Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (ganda putri/2018) dan Kento Momota (tunggal putra/2019).

© Getty Images/Shi Tang
Ganda putri Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi Copyright: Getty Images/Shi TangGanda putri Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi

Lantas, siapa pemilik dua gelar lainnya? Pebulutangkis tunggal putri India, Pusarla Venkata Sindhu, keluar sebagai juara pada 2018. Satu gelar lainnya jatuh ke tangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pasangan ganda putra Indonesia yang menjadi juara pada 2019.

Dari lima juara BWF World Tour Finals 2019, hanya ada satu yang punya kesempatan untuk mempertahankan gelar, yaitu Ahsan/Hendra.

China dan Jepang tidak ambil bagian pada BWF World Tour FInals 2020. Bukan karena tidak ada wakil mereka yang lolos, tetapi kedua negara tersebut memutuskan absen dari turnamen ini, karena adanya pandemi Covid-19.