German Open Batal, Pebulutangkis Malaysia Cemaskan Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Selasa, 16 Februari 2021 15:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia Copyright: © WANG ZHAO/AFP/Getty Images
Goh Soon Huat (kanan) dan Lai Shevon Jemie, ganda campuran asal Malaysia

INDOSPORT.COM – Batalnya German Open 2021 membuat pebulutangkis Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Lai mulai khawatir. Pasalnya, turnamen ini jadi salah satu kualifikasi ke Olimpiade Tokyo pada Juni 2021 mendatang.

German Open 2021 dengan amat disayangkan resmi dibatalkan. Alhasil, Tur Eropa pun hanya menyisakan Swiss Open 2021 (2-7 Maret) dan All England (17-22 Maret).

Berbeda dengan Swiss Open, All England sendiri juga terancam batal. Meskipun turnamen ini tidak menawarkan poin kualifikasi Olimpiade, namun situasi tersebut memicu kebingungan.

Hal ini dirasakan oleh ganda campuran Goh Soon Huat/Shevon Lai, yang baru-baru dilengserkan statusnya sebagai pemain nasional oleh BAM. Namun, pasangan ini masih diberi kelonggaran oleh BAM.

Asosiasi bulutangkis di Negeri Jiran itu bersedia mendanai pasangan ini untuk dua turnamen Road To Tokyo (Swiss Open dan German Open) sebelum mereka resmi meninggalkan pelatnas.

Namum, dengan Germain Open dibatalkan, BAM mungkin akan memberikan persyaratan baru kepada mereka, termasuk soal jadwal latihan di Eropa bersama pemain nasional.

“Kami bingung, kami tidak tahu bagaimana kami akan lolos ke Olimpiade jika turnamen terus dibatalkan,” kata Shevon keapda Timesport, dilansir dari News Strait Times.

“Sesuai dengan kesepakatan awal, BAM mendanai kami untuk Swiss dan German Open, lalu kami menanggung biaya untuk All England.”

“Tapi dengan Germain Open sekarang dibatalkan, kami mungkin harus melihat apa yang direncanakan BAM untuk para pemain nasional. Kami mungkin harus meminta ijin untuk bergabung dengan mereka jika mereka akan berlatih di Inggris,” tambahnya.