‘Dibantu’ Naomi Osaka, Ash Barty Susul Djokovic Catat Rekor Menakjubkan

Kamis, 1 April 2021 15:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© VCG/VCG via Getty Images
Petenis asal Australia, Ashleigh Barty. Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
Petenis asal Australia, Ashleigh Barty.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Australia, Ashleigh Barty, kini menyusul pencapaian rekor Novak Djokovic, sebagai pemegang peringkat nomor 1 dunia. Hal ini dicapainya menyusul kekalahan Naomi Osaka.

Dilansir dari Essentially Sports, bintang tenis berusia 24 tahun itu telah mencapai 74 pekan berada di puncak peringkat WTA. Mengantongi 9186 poin, Ash Barty pun semakin mengukuhkan posisinya tersebut.

Pencapaian Ash Barty ini sejatinya terbantu oleh kegagalan rival terberatnya dari Jepang, Naomi Osaka.  Diketahui, Osaka punya kans untuk menyalip Barty di posisi pertama namun gagal mencapai perempat final Miami Open 2021.

Osaka yang menggenggam rekor 23 kemenangan beruntun harus tersingkir dari Miami Open 2021 usai dikalahkan oleh Maria Sakkari dengan skor 6-0, 6-4 hanya dalam tempo 69 menit.

Kekalahan telak bagi Osaka ini berarti bahwa petenis nomor satu Barty mempertahankan peringkatnya setidaknya selama lima pekan ke depan.

Barty pertama kali menjadi petenis nomor 1 dunia setelah memenangkan Prancis Open 2019 dan Birmingham Open berturut-turut. Meskipun dia kehilangan statusnya dari Osaka setelah Kejuaraan Wimbledon, dia merebutnya kembali usai kemenangan di WTA Finals 2019.

Menariknya, dengan 74 pekan berada di peringkat pertama, Barty pun bergabung ke dalam kelompok pemain elite. 

Dia kini unggul satu pekan dari beberapa petenis yang mencapai  rekor tertinggi mereka, termasuk Venus Williams,  Maria Sharapova, Kim Clijsters, Arantxa Sanchez Vicario, dan Garbine Muguruza.

Sejumlah petenis wanita dalam sejarah yang unggul  beberapa pekan di peringkat 1 dari Ash Barty, di antaranya Steffi Graf, Martina Navratilova, Serena Williams, Chris Evert, Martina Hingis, Monica Seles, Justine Henin, dan Lindsay Davenport.