Cetak Sejarah untuk Vietnam, Pebulutangkis Ini Jadi Sorotan

Kamis, 15 April 2021 19:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Keberhasilan pebulutangkis Nguyen Tien Minh mencetak sejarah untuk Vietnam di Olimpiade membuat dirinya menjadi sorotan media China. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Keberhasilan pebulutangkis Nguyen Tien Minh mencetak sejarah untuk Vietnam di Olimpiade membuat dirinya menjadi sorotan media China.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan pebulutangkis Nguyen Tien Minh mencetak sejarah untuk Vietnam di Olimpiade membuat dirinya menjadi sorotan media China.

Eks pebulutangkis peringkat 5 dunia asal Vietnam, Nguyen Tien Minh berhasil mencetak rekor menakjubkan setelah dirinya lolos ke panggung Olimpiade untuk kali keempat.

Keberhasilannya lolos ke panggung Olimpiade untuk kali keempat itu pun menjadi sorotan media China, Aiyuke. Terlebih, pencapaian Nguyen Tien Minh akan sangat sulit untuk disamai dengan atlet bulutangkis lain dari negaranya Vietnam.

Tidak hanya sulit untuk disamai oleh atlet bulutangkis Vietnam, pencapaian Nguyen Tien Minh juga berhasil menyamai rekor dari dua legenda bulutangkis dunia, yaitu Lin Dan dan Lee Chong Wei yang juga sudah lolos ke panggung Olimpiade sebanyak empat kali.

Tunggal putra putra legendaris Vietnam memulai debut awalnya di Olimpiade Beijing 2008 dan hanya mencapai babak kedua saja. Selang empat tahun, dirinya lolos ke Olimpiade London 2012 dan Olimpiade 2016, tetapi lagi-lagi terhenti di babak penyisihan grup.

Kali ini, usai memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, Nguyen Tien Minh berharap bisa memperebutkan medali warna apapun pada penampilan terakhirnya di panggung Olimpiade.

Pebulutangkis legendaris Vietnam saat ini menduduki peringkat 28 dalam klasemen sementara 'race to Tokyo', dan membuat dirinya sejajar dengan Lin Dan dan Lee Chong Wei.

Meskipun berbeda dalam hal prestasi, karena setidaknya dalam 4 kali kelolosannya di Olimpiade, Lin Dan berhasil meraih 2 medali emas, sedangkan Lee Chong Wei meraih 3 medali perak.