Awas Greysia/Apriyani! BWF Singgung Kuda Hitam di Ganda Putri Siap Dominasi Olimpiade

Rabu, 5 Mei 2021 16:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ganda putri bulutangkis Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, merasa wajib waspada dengan beberapa pasangan kuda hitam ini diklaim BWF siap mendominasi Olimpiade Tokyo 2021.

Greysia/Apriyani merupakan satu-satunya wakil Indonesia dari sektor ganda putri yang memastikan tempatnya di Olimpiade Tokyo pada Juli.

Dalam klasemen Race to Tokyo, mereka berada di peringkat ketujuh, di mana syarat satu wakil sektor ganda lolos ke Olimpiade adalah berada di peringkat 16 besar saat ditutupnya perhitungan poin.

Greysia/Apriyani pun digadang-gadang menjadi salah satu pasangan yang akan mendominasi pesta olahraga empat tahunan ini bersama beberapa pasangan dari Jepang, China dan Korea Selatan.

Jelang 80 hari sebelum Olimpiade Tokyo ini digelar, BWF dalam tulisan khususnya di situas resmi meramalkan dominasi Greysia/Apriyani dan ketiga negara raksasa bulutangkis ini bisa terhenti oleh kemunculan pasangan kuda hitam.

Pasangan-pasangan ganda putri berlabel ‘kuda hitam’ ini memang tidak akan menjadi unggulan di Olimpiade, namun prestasi mereka baru-baru ini  menunjukkan hal lain.

Misalnya saja, wakil Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai nyaris memenangkan Yonex Thailand Open awal tahun ini di Bangkok, namun kalah di final oleh Greysia/Apriyani.

Setelah menjadi semifinal di ajang BWF World Tour Finals dan Swiss Open, Kititharakul/ Prajongjai akhirnya mengklaim gelar pertama mereka musim ini di Orleans Masters.

Kemudian ada pasangan muda Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, yang tampil begitu beringas selama tiga turnamen Asia di  Bangkok, Januari lalu. Mereka bahkan mampu menembus benteng pasangan peringkat teratas.

Mereka memiliki kemampuan memainkan pertempuran reli yang panjang, plus serangan yang lincah dan pertahanan yang stabil. Alhasil, mereka berhasil mencapai semifinal Toyota Thailand Open, lolos ke semifinal BWF World Tour Finals  dengan mengalahkan Greysia/Apriyani  dan mencapai semifinal Swiss Open.