Diguyur Uang Hadiah Wimbledon, Djokovic Makin Kangkangi Federer dan Nadal

Senin, 12 Juli 2021 15:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© AELTC/Ben Solomon - Pool/Getty Images
Novak Djokovic menjadi juara tenis di Wimbledon 2021. Copyright: © AELTC/Ben Solomon - Pool/Getty Images
Novak Djokovic menjadi juara tenis di Wimbledon 2021.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, semakin mengangkangi dua rivalnya Roger Federer dan Rafael Nadal usai mendapatkan hadiah uang atas kemenangan gelarnya di Wimbledon.

Novak Djokovic menjuarai tunggal putra Wimbledon usai mengalahkan Matteo Berrettini di partai puncak di nomor tunggal putra Wimbledon, Minggu (12/07/21).

Sempat tertinggal di set kedua, Djokovic langsung membabi buta dengan merebut tiga set berikutnya dengan kemenangan. Skor pun berakhir dengan 6-7 (4-7), 6-4, 6-4, 6-3.

Gelar juara Wimbledon 2021 ini menjadi gelar kedua puluh Novak Djokovic di ajang Grand Slam sekaligus menyamai rekor Roger Federer dan Rafael Nadal, yang lebih dulu mengoleksi 20 gelar serupa.

Secara rinci, Djokovic meraih 9 gelar juara di Australia Open, 2 gelar di French Open, 6 kali juara di Wimbledon, dan 3 kali juara US open.

Di luar pencapaian tersebut, Djokovic ternyata mengantongi rekor luar biasa yang luput dari perhatian. Rekornya ini bahkan mengangkangi Federer dan Nadal sebagai petenis terkaya dalam sejarah.

Ya. Dengan hadiah uang Wimbledon-nya, Djokovic sekarang menjadi petenis pertama yang mengantongi uang hadiah total 150 juta dolar dalam sejarah tenis internasional.

Dilansir laman tennis.com, superstar Serbia ini mengantongi hadiah 1,7 juta pounds atau setara dengan Rp34miliar atas keberhasilannya memenangkan Wimbledon 2021.

Dengan demikian, Djokovic kini mengantongi hadiah uang sebesar 151.876.636 dolar (Rp2,2 triliun) dalam kariernya. Ini menempatkannya di puncak daftar 10 besar petenis dengan hadiah uang terbanyak sepanjang karier.

Kekayaan Djokovic berada di atas Federer dan Nadal tempat kedua dan ketiga, yang masing-masing mengantongi total hadiah 130,5 dolar (Rp1,9 triliun) dan 124,9 dolar (Rp1,81 triliun).

Di tempat keempat ada petenis tunggal putri legendaris Amerika Serikat, Serena Williams, yang mengantongi total hadiah uang sebesar 94,5 dolar atau Rp1,36 triliun.

Menariknya, Djokovic sebelumnya sempat memecahkan rekor sebagai petenis pertama yang mengantongi total hadiah 100 juta dolar setelah memenangkan Grand Slam di Roland Garros pada 2016.

Dan sekarang, lima tahun kemudian, dia kembali menjadi petenis pertama mencapai 150 juta dolar.

Djokovic telah menghasilkan 6,22 juta dolar (Rp90 miliar) tahun ini, di mana sejauh ini belum ada petenis yang bahkan mampu melampui total hadiah 3 juta dolar.