An Se-young, Pebulutangkis Belia Korea Selatan yang Siap Meledak di Olimpiade 2020

Selasa, 13 Juli 2021 14:11 WIB
Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se Young. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se Young.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putri asal Korea Selatan, An Se-young berpeluang mengharumkan nama negaranya di Olimpiade Tokyo 2020. Dia tercatat sebagai pemain termuda yang akan mengambil bagian dalam hajatan empat tahunan tersebut.

Sebelum itu Se-young sudah menempati ranking kedelapan dunia. Dia diketahui meraih lima gelar juara sejak 2019, termasuk  kejuaraan French Open 2019 BWF World Tour Super 750 saat dia menaiki podium tertinggi pada usia 17 Tahun.

Hal tersebut lantas membuatnya menjadi juara termuda dalam sejarah turnamen level Super 750. An Se-young bukan satu satunya yang memenangkan kejuaraan di usianya yang masih muda. Di peringkat kedua jatuh kepada tunggal putra Kanada, Brian Yang. Usianya menginjak 19 tahun.

Yang tercatat sedikit lebih tua dari Se-young karena lahir pada 25 November 2001, sedangkan An Se Young pada 5 Februari 2002. Prestasi Brian Yang tidak sebegitu cemerlang dibandingkan An Se-young, dia bahkan hanya berada di peringkat ke-44 dunia.

Namun Yang berhasil mengalahkan seniornya, Jason Anthony Ho Shue dalam ajang XXVI Pan Am Individual Championships 2021 April lalu. Berikutnya, pebulutangkis ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy menjadi pemain termuda peringkat ketiga setelah An Se Yong dan Brian Yang.

Rankireddy, yang lahir pada 13 Agustus 2000, sanggup menjadi ganda putra nomor 10 dunia berpasangan dengan Chirag Shetty. dia mendapat gelar sebagai ganda putra terbaik yang dimiliki India saat ini pada usia 20 tahun.