Djokovic Tumbang di Olimpiade Tokyo, Misi ‘Golden Slam’ Musnah!

Jumat, 30 Juli 2021 18:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© REUTERS/Mike Segar
Novak Djokovic asal Serbia meninggalkan lapangan tenis setelah kalah dalam pertandingan semifinal melawan Alexander Zverev dari Jerman. Copyright: © REUTERS/Mike Segar
Novak Djokovic asal Serbia meninggalkan lapangan tenis setelah kalah dalam pertandingan semifinal melawan Alexander Zverev dari Jerman.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, secara mengejutkan tumbang di Olimpiade Tokyo. Impiannya untuk memenangkan Golden Slam berakhir sudah.

Unggulan teratas Novak Djokovic tersingkir dari Olimpiade 2020 usai dikalahkan petenis asal Jerman, Alexander Zverev di babak semifinal tenis dengan skor 1-6, 3-6, 6-1, Jumat (30/07/21).

Bertanding di Ariake Tennis Park, Djokovic melakukan serangkaian kesalahan yang tak biasa. Ini membantu Zverev memenangkan sejumlah poin dengan servisnya.

Zverev menyudahi permainan gim ketiga dengan sebuah pukulan backhand yang tidak bisa dihentikan Djokovic. Djokovic setelah kekalahan itu berjalan menuju net dan dirangkul Zverev.

Kekalahan Djokovic di Olimpiade Tokyo ini sekaligus menyudahi ambisinya memenangkan Golden Slam di Olimpiade 2020, setelah sebelumnya di tahun yang sama mengangkat empat trofi Grand Slam.

Petenis berusia 34 tahun ini telah memenangkan Australia, Prancis Terbuka dan Wimbledon tahun ini. Dirinya hanya butuh medali emas Olimpiade dan trofi AS Terbuka untuk menggenapinya.

Sejauh ini, baru legenda tenis wanita asal Jerman Steffi Graf yang berhasil  memenangkan Golden Slam ini pada tahun 1988.

Selain ini, kegagalannya di Olimpiade ini mematahkan rekor belum terkalahkan yang dikantongi Djokovic sejak ditaklukkan Rafael Nadal di fina Italia Terbuka dua bulan lalu.

Selanjutnya, sang pemenang Zverez akan berjuang memperebutkan medali emas dengan menghadapi Karen Khachanov. Petenis asal Rusia ini di babak semifinal mengalahkan Pablo Carreno Busta dari Spanyol dengan skor 6-3, 6-3.