Terungkap! Alasan Ganda Putra Malaysia Peraih Perak Olimpiade Rio Berpisah

Minggu, 8 Agustus 2021 11:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Reuters
Goh V Shem/Tan Wee Kiong peraih medali Olimpiade Rio 2016 resmi berpisah. Copyright: © Reuters
Goh V Shem/Tan Wee Kiong peraih medali Olimpiade Rio 2016 resmi berpisah.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, yang juga peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 mengungkapkan alasan mereka berpisah.

Tan Week Kiong dan Goh V Shem, yang kini sama-sama berusia 32 tahun memutuskan berpisah  dan akan melanjutkan karier dengan pasangan berbeda.

Tan Wee Kiong nantinya akan berpasangan dengan Tan Kian Meng, sedangkan Goh V Shem akan berpasangan dengan mantan pemain internasional Low Juan Shen.

Dilansir dari The Star Malaysia, kedua pebulutangkis ini memutuskan berpisah karena ingin mencari tantangan baru dengan partner berbeda setelah kontrak mereka dengan Yonex bulan lalu.

“Kesepakatan sponsor kami dengan Yonex berakhir baru-baru ini dan Tan Wee Kiong telah membuat rencananya sendiri,” kata Goh V Shem, yang memenangkan Malaysia Open 2013 bersama Lim Khim Wah.

“Sebenarnya akan sangat bagus jika kami bermain sampai akhir tahun, tetapi karena dia telah mengambil keputusan, saya hanya harus menghormati keputusannya,” lanjutnya.

Selanjutnya, Goh V Shem dan pasangan bartunya Juan Shen akan mengambil bagian dalam turnamen pertama mereka di Chinese Taipei Open yang akan digelar pada 7 hingga 12 September 2021.

Perpisahan V Shem dan Wee Kiong memang mengejutkan karena mereka sejatinya punya kesempatan besar untuk lolos ke Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol, yang berlangsung dari 12 hingga 29 Desember 2021.

V Shem/Wee Kiong saat ini berada di peringkat ke-12 dalam peringkat Road to Huelva, peringkat ketiga tertinggi Malaysia di belakang Aaron Chia/Soh Wooi Yik (7), dan Teo Ee Yi/Ong Yew Sin (9).

Sesuai dengan aturan tertulis, satu negara dapat mengirimkan maksimal tiga pasangan wakilnya jika semuanya berada di peringkat 24 besar.

Mengetahui fakta ini, Tan Week Kiong, secara terpisah tak akan menampik bahwa dirinya mungkin masih akan bermain bersama V Shem di Kejuaraan Dunia jika mereka lolos.

“Kami telah sepakat untuk bersatu kembali dan bermain di Kejuaraan Dunia jika kami lolos,” jelas Wee Kiong, yang pernah bermitra dengan Hoon Thien How.

“Kian Meng dan saya telah secara lisan setuju untuk bekerja sama tetapi kami masih di tengah-tengah mengamankan sponsor. Mudah-mudahan kami bisa segera menyerang dan kembali beraksi.”