Tangis Bahagia Pebulutangkis Harumkan Nama Indonesia di Hari Kemerdekaan

Selasa, 17 Agustus 2021 10:54 WIB
Editor: Isman Fadil
© Lars Baron/Getty Images
Markis Kido/Hendra Setiawan saat mendapat medali emas Olimpiade Beijing 2008. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Markis Kido/Hendra Setiawan saat mendapat medali emas Olimpiade Beijing 2008.

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga bulutangkis memiliki makna yang kental dengan Indonesia, selain prestasi Tanah Air juga telah mencetak sejarah yang tak terlupakan sepanjang masa.

Sejarah itu dimulai saat pebulutangkis legendaris andalan bangsa yakni, Susy Susanti dan Alan Kusuma, berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Barcelona tahun 1992, peristiwa menakjubkan tersebut tak akan pernah bisa dilupakan oleh rakyat Indonesia.

Kemenangan yang diraih Kontingen Indonesia pun semakin bertambah seiring jalannya waktu, para atlet Indonesia pun terus memperlihatkan kemampuan yang luar biasa dalam menaklukan lawan mainnya.

Di antara kemenangan tersebut, terdapat 3 momen istimewa dimana Atlet Indonesia berhasil mengharumkan bangsa dengan membawa pulang medali menjelang hari kemerdekaan Indonesia.

1.   Markis Kido/Hendra Setiawan (medali emas Olimpiade 2018)

Ganda putra andalan Indonesia yakni, Markis Kido/Hendra Setiawan memberikan kado istimewa untuk Indonesia menjelang satu hari sebelum Hut RI,  dengan membawa pulang medali Emas pada hari Sabtu, 16 Agustus 2008.

Pada masa itu, Markis/Hendra berhasil menaklukan Cai Yun/Fu Haifeng dengan skor 2-21, 21-11, dan 21-16 di Olimpiade Beijing. Kemenangan mereka tersebut tak hanya kado manis untuk indonesia tetapi juga bagi mereka yang lahir sama pada bulan Agustus.

2.  Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Juara Dunia 2015)

Pada ajang kejuaraan Dunia bulutangkis tahun 2015 yang diadakan di Jakarta, pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil mendapatkan medali emas.

Duo ini berhasil menaklukan lawan mainnya dari China yakni  Liu Xiaolong/Qiu Zihan. Keberhasilan mereka menjadi kado terindah bagi Indonesia mengingat kejuaraan tersebut diselenggarakan pada satu hari menjelang HUT ke-70 RI pada Minggu (16/08/17).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%