Dedikasi Wahyana, Guru Asal Yogyakarta yang jadi Wasit di Olimpiade Tokyo

Minggu, 29 Agustus 2021 15:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Nama Wahyana menjadi perbincangan, seiring dengan prestasi tim bulutangkis Indonesia menyabet medali di Olimpiade Tokyo 2020, awal Agustus lalu.

Wahyana merupakan wasit Indonesia yang bertugas memimpin partai final bulutangkis tunggal putri, antara Chen Yufei (China) vs Tai Tzu Ying (Taipei), Minggu, (01/08/21).

Usut punya usut, Wahyana sendiri bukanlah orang yang memiliki latar belakang sebagai pebulutangkis profesional. Bahkan, diketahui sehari-hari ia berprofesi sebagai guru SMP.

Makanya, saat ia mendapat panggilan untuk memimpin jalannya laga di Olimpiade Tokyo, dan harus mengikuti isolasi selama 14 hari, Wahyana mengaku tetap menyempatkan untuk mengajar siswanya di SMPN 4 Pathuk.

"Kemarin tugas di Olimpiade Tokyo 14 hari, pas ada jam mengajar, saya tetap mengajar anak-anak secara daring, baik melalui Zoom Meeting atau Google Classroom," ungkap Wahyana saat sesi Bincang Guru Inovatif.

"Itu sudah tugas saya dan tidak boleh kita lupakan tanggung jawab kita sebagai guru," tambah sosok yang juga menjabat sebagai asesor lisensi wasit bulutangkis Asia itu.