Depak Ranking 3 Dunia di US Open, Petenis Muda Spanyol Catat Rekor

Sabtu, 4 September 2021 13:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Buda Mendes/Getty Images
Carlos Alcaraz panen sejumlah rekor apik usai menang mengejutkan atas petenis nomor tiga dunia, Stefanos Tsitsipas, di ajang US Open Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Carlos Alcaraz panen sejumlah rekor apik usai menang mengejutkan atas petenis nomor tiga dunia, Stefanos Tsitsipas, di ajang US Open

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal memang absen dalam perhelatan tenis US Open 2021 namun ada nama petenis Spanyol lain yang mencuri perhatian. Adalah Carlos Alcaraz sang sensasi 18 tahun yang lolos dari putaran ketiga usai mengalahkan Stefanos Tsitsipas.

Alcaraz sukses mengalahkan Tsitsipas dalam drama lima set dengan skor 6-3, 4-6,7-6 (7-2), 0-6, 7-6 (7-5). Tidak banyak yang mengira jika sang remaja bisa menggebuk lawannya karena Tsisipas yang berasal dari Yunani adalah petenis urutan ketiga dunia di bawah Novak Djokovic dan Daniil Medvedev.

Sejumlah rekor pun tercipta menyusul hasil pertandingan mengejutkan ini. Salah satunya adalah keberhasilan Alcaraz menjadi petenis termuda yang mampu mengalahkan lawan dari tiga besar.

Rekor tersebut bertahan sejak Andre Agassi (20 tahun) mengalahkan Boris Becker dan Pete Sampras (19 tahun) mengalahkan Ivan Lendl. Baik Agassi dan Sampras mencatatkan capaian mereka pada tiga dekade lalu atau tepatnya 1990.

Ukiran Alcaraz di prasasti Tenis tidak berhenti di situ saja. Di 2021 petenis bertangan dominan kanan tersebut juga jadi yang termuda dalam hal kesuksesan melewati ronde pertama setiap ajang Grand Slams.

Sebelum ini pemuda kelahiran Murcia, Spanyol, itu melaju hingga ronde kedua Australia Open dan Wimbledon, ronde ketiga French Open, plus kini dipastikan akan bertanding di ronde keempat US Open. Semuanya dilakukan pada 2021.

Torehan serupa sebelumnya juga pernah dibuat  Goran Ivanisevic. Petenis asal Kroasia yang masuk dalam Internasional Tennis Hall of Fame itu melakukannya pada 1989 dalam usia 18 tahun.

Khusus untuk ajang US Open, Alcaraz jadi pemain termuda pertama sejak 1989 yang mampu menembus putaran keempat. Belum ada yang bisa melakukannya sebelum ini dan mengulang prestasi Michael Chan dan Pete Sampras.