Remaja 19 Tahun Kanada Lolos Semifinal US Open, Serena Williams Kena Imbasnya

Rabu, 8 September 2021 14:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters
Serena Williams di French Open 2021. Copyright: © Reuters
Serena Williams di French Open 2021.

INDOSPORT.COM – Petenis veteran AS, Serena Williams, ikut terkena imbasnya setelah remaja 18 tahun asal Kanada, Leylah Fernandez, memastikan tiket ke semifinal US Open 2021.

Absennya petenis terhebat sepanjang masa, Serena Williams, di ajang grand slam US Open 2021 telah menciptakan berbagai kejadian tak terduga.

Dimulai dari tersingkirnya juara bertahan Naomi Osaka hingga kemunculan petenis-petenis muda dengan performa apik yang mengalahkan deretan pemain bintang.

Salah satu petenis yang mencuri perhatian di US Open yakni Leylah Fernandez. Petenis yang berusia 18 tahun pada 6 September itu meneruskan kejutan yang dibuatnya dengan lolos ke semifinal.

Leylah Fernandez pun menjadi tunggal putri pertama yang mendapat tiket semifinal setelah mengalahkan unggulan kelima, Elina Svitolna 6-3, 3-6, 7-6 (7/5), pada perempat final di Stadion Arthur Ashe, Flushing Meadows, New York, AS, Selasa (7/9/2021).

Dilansir dari Essentially Sport, keberhasilan Leylah Fernandez mencapai semifinal US Open ini ternyata juga membuat dampak besar pada daftar Peringkat WTA terbaru.

Serena Williams sendiri sejatinya sudah mengalami kemerosotan Peringkat WTA. Sempat bertahan di daftar 10 besar WTA, peringkatnya turun sejak retired di babak awal Wimbledon dan absen dari New York karena cedera.

Pada pekan pertama US Open, ratu tenis tersebut terpental dari peringkat 20 besar. Selanjutnya, kebangkitan Leylah Fernandez membuat posisi Serena semakin turun di posisi ke-22.

Sebagai finalis US Open 2019, Serena kehilangan 1.300 poin di awal turnamen tahun ini. Selain itu, keberhasilan petenis lain membuat posisinya tergeser ke posisi lebih bawah.