In-depth

Roger Federer Masih yang Paling Bersinar Sepanjang Sejarah Laver Cup

Kamis, 23 September 2021 19:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Roger Federer saat berlaga di ajang Laver Cup 2019. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Roger Federer saat berlaga di ajang Laver Cup 2019.

INDOSPORT.COM - Petenis asal Swiss, Roger Federer, sepertinya masih jadi pemain paling bersinar sepanjang digelarnya Laver Cup sejak tahun 2017 lalu.

Laver Cup biasanya dijadwalkan bergulir dua pekan setelah perhelatan US Open dan menunjuk tuan rumah berbeda di setiap agendanya. Untuk gelaran tahun ini, turnamen akan digelar di Boston, Amerika Serikat.

Laver Cup 2021 merupakan edisi keempat turnamen tenis putra yang digelar di lapangan keras. Sejak itu, sudah banyak pemain yang mentas sebagai ikon sukses di ajang ini.

Meski begitu, siapa yang paling bersinar di antara mereka? Jawabannya mungkin Roger Federer yang bermain di Team Europe untuk untuk tiga edisi Laver Cup 2017-2019.

Ia salah satu arsitek yang mewujudkan Laver Cup dan berhasil tampil sebagai yang tersukses di ajang ini.

Federer mencatatkan kemenangan pertamanya di gelaran tahun 2017 pada hari kedua saat melawan Sam Querrey. Setelah itu, ia membentuk duet yang harmonis bersama Rafael Nadal saat tampil di nomor ganda.

Mereka menaklukkan Sam Querrey/Jack Sock dan membawa Team Europe unggul dengan kedudukan 9-3. Roger Federer juga jadi pemegang kunci kemenangan timnya pada hari terakhir turnamen Laver Cup 2017.

Ia memastikan tambahan poin setelah Nadal gagal mengunci kemenangan di laga keempat hari ketiga. Federer menumbangkan Nick Kyrgios di laga terakhir dan memastikan Team Europe menang dengan poin 15-9.

Lalu di gelaran kedua tahun 2018 di Chicago, Federer mengawali langkahnya dengan kekalahan pada hari pertama saat berduet dengan Novak Djokovic melawan pasangan Kevin Anderson/Jack Sock.

Pengalaman Federer selama berlaga di Laver Cup pun semakin beragam usai merengkuh dua kemenangan dalam dua hari berturut-turut setelahhnya di nomor tunggal. Team Europe tampil sebagai pemenang untuk kedua kalinya.

Federer masih terus eksis bermain di Laver Cup setelah memastikan keikutsertaannya pada edisi 2019 di Jenewa.

Kali ini, ia mengawali hari pertama turnamen dengan kemenangan di permainan ganda bersama Alexander Zverev melawan Denis Shapovalov/Jack Sock.

Selanjutnya, ia menumpas perlawanan Nick Kyrgios pada hari kedua. Federer menelan kekalahan pada hari ketiga bersama rekannya, Stefanos Tsitsipas, saat menghadapi Nick Kyrgios/Jack Sock.

Namun pada hari yang sama, ikon olahraga kebanggaan Swiss ini berhasil menyumbangkan poin untuk Team Europe lewat kemenangan kontra John Isner.

Alexander Zverev kemudian menutup Laver Cup 2019 dengan kemenangan untuk Team Europe 13-1 atas Team World.