Legenda China: Piala Thomas Lebih Sulit Ketimbang Piala Sudirman

Sabtu, 9 Oktober 2021 16:46 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Koki Nagahama/Getty Images
Legenda bulutangkis ganda putra China, Cai Yun. Copyright: © Koki Nagahama/Getty Images
Legenda bulutangkis ganda putra China, Cai Yun.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis China, Cai Yun, mengungkapkan jika turnamen Piala Thomas lebih sulit ketimbang Piala Sudirman.

Ucapan Cai Yun itu menyusul diselenggarakannya Piala Thomas dan Uber 2020 yang berbarengan dengan Piala Sudirman 2021 di tahun yang sama.

Padahal sebelumnya Piala Thomas dan Uber tidak pernah diselenggarakan pada tahun yang sama dengan Piala Sudirman.

Selama berkarier sebagai pebulutangkis profesional, Cai Yun pernah tampil di Piala Thomas dan Piala Sudirman bersama China.

Walaupun kedua turnamen itu sama-sama kejuaraan beregu, namun menurut mantan atlet berusia 41 tahun itu Piala Thomas lebih sulit dibandingkan dengan Piala Sudirman.

"Jika melihat dari sudut pandang tim, aku menilai jika Piala Thomas lebih sulit dimainkan daripada Piala Sudirman," ucap Cai Yun kepada Sina.com.cn.

Menurut Cai Yun, dalam line-up pemain Piala Sudirman yang pasti diturunkan adalah para pemain terbaik di setiap kategori dari seluruh tim peserta.

Sedangkan Piala Thomas, Cai Yun melanjutkan, menurunkan 3 pemain di kategori tunggal dan 2 pasangan pemain di kategori ganda.

"Di Piala Thomas line-up susunan pemain yang tampil bisa mengejutkan. Aku sering bertemu tim yang mengejutkan dengan membuat pasangan baru," ujar Cai Yun menambahkan.