Jadi Unggulan Ganda Putra di Denmark Open, Fajar/Rian: Berkat Piala Thomas

Jumat, 22 Oktober 2021 07:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© badminton.ina
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuka keunggulan Indonesia atas Kanada di Piala Sudirman 2021 Copyright: © badminton.ina
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuka keunggulan Indonesia atas Kanada di Piala Sudirman 2021

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra unggulan ketiga dari Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kini menjadi unggulan dalam ajang Denmark Open 2021.

Bagaimana tidak, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menjadi unggulan pertama, takluk dari juniornya di babak 16 besar.

Bahkan, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang naik daun, Lee Yang/Wang Chi-Lin juga tumbang dari wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Hal ini akhirnya membuat Fajar/Rian jadi unggulan teratas ganda putra yang tersisa di perempat final, usai menaklukkan ganda putra India, MR Arjun/Dhruv Kapila.

Rian Ardianto mengakui, perjalanan yang cukup mulus ini tak lain adalah berkat Piala Thomas 2020. Indonesia sukses meraih trofi beregu setelah mengalami paceklik selama 19 tahun sejak 2002.

"Senang dan bangga menjadi bagian tim Piala Thomas Indonesia dan mencetak sejarah meraih juara. Kami ingin mempertahankan momentum itu di ajang ini (Denmark Open) dan juga ke depannya," ucap Rian Ardianto.

Sementara menurut Fajar Alfian, laju bola di Denmark Open memang lebih ringan daripada saat Piala Thomas. Sehingga, pemain yang tak bisa beradaptasi, tentu mudah dikalahkan.

"Sangat terasa perbedaan bolanya. Kalau di Sudirman dan Thomas, bolanya cenderung berat, di sini sangat cepat dan melintir. Jadi memang harus cepat menyesuaikannya," cetusnya.

"Game pertama kami coba untuk bermain sabar, tidak buru-buru. Di game kedua kami kalah start, jadi mereka bisa berkembang. Game ketiga kami ambil irama permainan untuk langsung menekan," imbuh Fajar Alfian.