Badosa dan Swiatek Debut di WTA Finals, Ashleigh Barty Pilih Mundur

Selasa, 26 Oktober 2021 12:16 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Daniel Pockett/Getty Images
Petenis nomor satu dunia, Ashleigh Barty, putuskan mundur dari WTA Finals 2021. Copyright: © Daniel Pockett/Getty Images
Petenis nomor satu dunia, Ashleigh Barty, putuskan mundur dari WTA Finals 2021.

INDOSPORT.COM – Petenis nomor satu dunia, Ashleigh Barty, putuskan mundur dari WTA Finals di Meksiko, sementara Paula Badosa dan Iga Swiatek akan jalani debut turnamen penutup musim tersebut.

Perhelatan WTA Finals 2021 akan dilangsungkan pada 10-17 November 2021 di Guadalajara. Hanya ada delapan pemain tunggal putri dan delapan pemain ganda putri teratas dunia yang bisa berkompetisi.

Aryna Sabalenka, Barbora Krejcikova, Karolina Pliskova, Garbine Muguruza, dan Maria Sakkarai sebelumnya sudah dinyatakan lolos untuk nomor tunggal.

Akan tetapi, Ashleigh Barty memutuskan mundur untuk tak mempertahankan gelarnya karena memilih fokus mempersiapkan diri di Australian Open 2022.

“Saya tidak akan berkompetisi di sisa turnamen musim 2021, termasuk WTA Finals di Meksiko,” kata Barty melansir laman Reuters pada Sabtu (23/10/21).

“Ini adalah keputusan yang sulit, tetapi saya harus memprioritaskan tubuh saya serta memulihkan diri dari turnamen musim 2021, dan fokus mempersiapkan diri menjelang Australian Open musim panas tahun depan,” sambungnya.

Diketahui, Barty kembali ke Australia pada bulan September usai tersingkir di putaran ketiga US Open 2021, sekaligus memupus dominasinya setelah memenangkan 5 gelar pada tahun ini.

Sementara, cerita berbeda didapatkan Paula Badosa serta Iga Swatiek yang akan menjalani debutnya di turnamen WTA Finals 2021.

Iga Swatiek telah memenangkan French Open 2020, dan setidaknya mencapai putaran keempat dari empat turnamen Grand Slam yang diikutinya. Dia juga menjadi juara Adelaide International dan rangkaian prestasi lain.

Sementara petenis Spanyol, Paula Badosa yang berusia 23 tahun baru saja memenangkan Indian Wells 2021. Sebelumnya dia juga meraih gelar turnamen Beograd serta mencapai perempat final Roland-Garros.

Saat ini Paula Badosa juga tengah menikmati sebagai pemain peringkat 13 dunia yang merupakan peringkat tertinggi dalam kariernya.