Nirgelar di French Open 2021, Manajer Tim Indonesia: Semua Sudah Babak Belur

Selasa, 2 November 2021 23:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putera Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon saat bertanding di Yonex All England 2021. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putera Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon saat bertanding di Yonex All England 2021.

INDOSPORT.COM - Tim bulutangkis Indonesia tak meraih satu gelar pun di kejuaraan French Open 2021. Hasil tersebut dinilai tak lepas dari kondisi atlet yang kurang prima. 

Sebenarnya ada ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang melaju hingga babak final tapi dikalahkan wakil Korea Selatan, oleh Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol. 

Menyoal hal itu, Irwansyah selaku manajer tim Indonesia di French Open 2021 mengatakan para pemain sudah tampil bagus. Tetapi kondisi fisik belum sempurna karena melewati jadwal padat yakni empat turnamen dalam kurun waktu dua bulan. 

"Meski tanpa hasil gelar juara di Prancis Terbuka, secara umum saya lihat penampilan para pemain sudah bagus dan maksimal. Mereka sebenarnya kondisi fisik dan kebugaran tubuhnya sudah habis. Semua bisa dikatakan, sudah babak belur karena menjalani tur yang demikian panjang," kata Irwansyah. 

"Maklum para pemain turun bertanding sejak September di Piala Sudirman di Finlandia dan lanjut ke Piala Thomas di Denmark. Setelah itu masih main di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka. Faktor kelelahan tentu menjadi penyebab penampilan pemain menurun," lanjutnya. 

Irwansyah mengapresiasi kerja keras para atlet, terutama dua ganda putra, Marcus/Kevin dan Fajar Alfian/Rian Ardianto yang mencapai babak semifinal French Open 2021.