Para Unggulan dan Kuda Hitam di Paris Masters, Ada 'Lucky Loser' dari Jerman

Kamis, 4 November 2021 14:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fred Lee/Getty Images
Novak Djokovic, unggulan pertama di Paris Masters 2021. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Novak Djokovic, unggulan pertama di Paris Masters 2021.

INDOSPORT.COM - Perhelatan Paris Masters mulai memasuki fase 32 besar, yang masih menyajikan seabrek laga tunggal dan ganda putra terbaik dunia.

Sejumlah pemain pun berjuang mati-matan untuk tampil semaksimal mungkin di turnamen ATP 1000 terakhir 2021 ini, sebelum bersaing untuk agenda ATP Finals yang juga hanya tinggal menghitung hari saja.

Paris Masters kali ini juga jadi ajang comeback Novak Djokovic yang beberapa waktu lalu menelan kekecewaan besar di gelaran US Open.

Selain tampil di nomor tunggal, ia juga berpartisipasi di nomor ganda, berpasangan dengan petenis sekompatriotnya, Filip Krajinovic. Keduanya baru saja berhasil melewati fase 16 besar kemarin, Rabu (03/11/21).

Lalu untuk jadwalnya di tunggal putra, Djokovic akan menghadapi wakil Prancis, Gael Monfils, untuk perebutan satu tempat di perempat final.

Menyandang nama sebagai petenis nomor satu dunia, Djokovic otomatis tampil sebagai unggulan di Paris Masters edisi kali ini. Dua pesaing terdekatnya dan terberatnya adalah Daniil Medvedev dan Stefanos Tsitsipas.

Hanya saja, nama yang kedua harus mundur lebih awal meski juga menyandang status unggulan. Ia menarik diri dari pertandingan kontra Alexei Popyrin di 32 besar kemarin lantaran lengan kanannya mengalami cedera.

“Saya tidak pernah mundur, satu kali pun sepanjang karier saya, dan itu yang harus terjadi hari ini,” demikian ungkap Tsitsipas, ketika mengisyaratkan betapa sulit baginya untuk mengambil keputusan retire.

“Saya mencoba untuk berhati-hati untuk turnamen-turnamen selanjutnya. Saya sudah punya masalah (cedera) sejak lama dan sekarang makin serius,” tambahnya lagi.

Mundurnya Tsitsipas yang berstatus unggulan ketiga pun menandakan berkurangnya pesaing sengit Djokovic di Paris Masters 2021. Meski begitu, masih ada Daniil Medvedev dan Alexander Zverev yang juga bertanding nanti malam.