Jonatan Christie Beri Klarifikasi Soal Bonus Piala Thomas, Netizen Ikut Pasang Badan

Rabu, 8 Desember 2021 18:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Humas PP PBSI
Netizen ikut pasang badan setelah Jonatan Christie memberikan klarifikasi usai disebut mata duitan dan diserang buzzer di polemik bonus Piala Thomas 2020. Copyright: © Humas PP PBSI
Netizen ikut pasang badan setelah Jonatan Christie memberikan klarifikasi usai disebut mata duitan dan diserang buzzer di polemik bonus Piala Thomas 2020.

INDOSPORT.COM – Netizen ikut pasang badan setelah Jonatan Christie memberikan klarifikasi usai disebut mata duitan dan diserang buzzer di polemik bonus Piala Thomas 2020.

Polemik bonus Piala Thomas 2020 ini bermula setelah Jonatan Christie beberapa kali menyindir pemerintah yang tak kunjung memberikan bonus atas keberhasilan para atlet bulutangkis membawa pulang Piala Thomas 2020 setelah 19 tahun lamanya ‘menghilang’.

Atlet yang akrab disapa Jojo ini memberikan kode menanti bonus dari pemerintah usai membawa pulang Piala Thomas 2020 melalui story akun Instagram pribadinya.

Unggahan tersebut rutin dibagikan oleh Jonatan Christie saat ia dan wakil Indonesia lainnya yang berpartisipasi di Piala Thomas 2020 kembali bertolak ke Bali untuk bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo. Namun rupanya, mereka ternyata tak mendapatkan bonus seperti yang diharapkan.

Mereka malah menerima pernyataan dari Menpora RI, Zainudin Amali, yang menjelaskan bahwa bonus untuk kejuaraan single event seperti Piala Thomas tidak diatur secara jelas dalam undang-undang atau peraturan menteri.

Bukan tanpa alasan, kejuaraan tersebut dianggap berbeda dengan turnamen multievent seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Tingkah laku Jojo yang terus menyindir pemerintah serta pernyataan Menpora yang sama-sama dinilai tak etis pun akhirnya meledak menjadi sebuah polemik baru, di mana tunggal putra itu disebut mata duitan.

Jonatan Christie akhirnya muncul dan memberikan klarifikasinya dalam sebuah video yang diunggah oleh @NarasiNewsroom.