Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia, Hariyanto Arbi: Mustahil PBSI Kekurangan Anggaran

Kamis, 9 Desember 2021 12:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tim bulutangkis Indonesia memutuskan absen dari BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia 2021 di Spanyol. Salah satu media Malaysia menyebut bahwa mundurnya Kevin/Marcus dan kawan-kawan berkaitan dengan anggaran.

Media Malaysia, New Straits Times, mengungkapkan dua alasan mundurnya Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021, yakni kekhawatiran terhadap virus corona (COVID-19) varian Omicron dan ketiadaan anggaran.

"Dapat dipahami bahwa keputusan Indonesia tersebut (mundur dari Kejuaraan Dunia) karena kekhawatiran atas varian Covid, Omicron. Namun, menurut sumber di Jakarta, bisa juga terkait anggaran," tulis New Straits Times.

PBSI sendiri sudah memberikan pernyataan bahwa mundurnya tim Indonesia dari Kejuaraan Dunia 2021 demi kesehatan pemain.

"Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021," ujar Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

"Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia 2021," lanjut Rionny.