Lee Zii Jia Keluar Pelatnas Malaysia, Ini Petuah dari Lee Chong Wei

Jumat, 21 Januari 2022 21:02 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© thestar
Pebulutangkis asal Malaysia Lee Zii Jia dan Lee chong Wei. Copyright: © thestar
Pebulutangkis asal Malaysia Lee Zii Jia dan Lee chong Wei.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, menyampaikan nasehat untuk Lee Zii Jia yang baru saja memutuskan untuk mundur dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Chong Wei membenarkan bahwa Zii Jia menemuinya sebelum menyampaikan surat pengunduran diri pada minggu lalu dan memutuskan untuk menjadi pemain independen.

“Untuk menjadi yang nomor satu, baik di negara sendiri atau di dunia, Anda harus siap untuk menghadapi banyak tekanan,” kata Chong Wei kepada Bernama.

Peraih tiga medali Olimpiade itu mengungkapkan kalau Zii Jia mengaku tak bisa menghadapi tekanan, meski tak bilang tekanan macam apa yang ia hadapi.

“Saya tak tahu level tekanan di BAM saat ini karena saya sudah tak bersama mereka. Buat saya, terakhir kali memang ada beban tapi itu beda-beda untuk tiap orang. Beberapa bisa menerima tekanan itu, lainnya tidak,” beber Chong Wei.

“Buat saya, saya menghadapi beban yang luar biasa tapi saya mengubahnya menjadi motivasi. Saya merasakannya tapi saya terbiasa untuk memotivasi diri sendiri untuk berjuang demi negara. Beda orang, beda cara juga (dalam menghadapi tekanan).”

Meski sudah dianggap sebagai kakak oleh Lee Zii Jia, Lee Chong Wei tidak bilang padanya harus keluar atau bertahan di BAM.

Ia tak mau mempengaruhi keputusan Zii Jia, tapi ia menyarankan Zii Jia untuk membicarakan masalah ini hingga mencapai kata sepakat.

Chong Wei pun mengakui pernah menemui perbedaan dengan BAM selama 19 tahun berkarier, tapi kedua pihak bisa menyelesaikan masalah dengan berdiskusi.