Persiapkan Kompetisi 2022, Kevin Sanjaya dkk Mulai Latihan Lagi di Pelatnas

Jumat, 21 Januari 2022 11:25 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021. Copyright: © PBSI
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya kalah di final BWF World Tour Final 2021.

INDOSPORT.COM - Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk mulai berlatih di Pelatnas Cipayung PBSI mulai, Rabu (19/01/22). Mereka akan mulai mempersiapkan kompetisi bulutangkis di 2022.

Sebelumnya, para atlet bulutangkis dipulangkan ke klub masing-masing sejak tanggal 18 Desember 2021, tapi kini mereka sudah mulai berlatih di Pelatnas. Pertama-tama Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk harus menjalani tes kesehatan terlebih dulu.

Selain Kevin, atlet-atlet top seperti Fajar Alfian, M. Rian Ardianto, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting hingga Greysia Polii, dan Apriyani Rahayu juga terlihat hadir. Para pebulutangkis junior yang lolos seleknas PBSI 2022 juga menjalani tes yang sama. 

Tes kesehatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan tanda-tanda vital dan tinggi-berat badan, rontgen, pemeriksaan postural, foot scan, dokter umum, EKG, gizi, dan beighton score test.

Tes berkala ini dijelaskan dokter PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS., Sp.KO., untuk memperbarui data yang didapat tahun lalu.

"Idealnya itu memang data atlet-atlet eksisting harus diperbarui setiap enam bulan hingga satu tahun sekali. Kami akan lihat perkembangannya bagaimana kemudian monitoring hasil sebelumnya sampai sekarang," ujar Grace dilansir dari laman resmi PB Djarum

"Jadi ini hanya tes berkala sekaligus skrining untuk kesehatan baik secara fisik maupun secara medis, juga untuk preventif cedera atau masalah lainnya."

"Perbedaan dengan atlet-atlet yang baru masuk tentunya yang baru kami harus tahu rekam medisnya. Hasil darahnya, rekam jantungnya termasuk posturalnya juga," sambungnya lagi.

Secara umum, Grace mengatakan tidak banyak perubahan dialami atlet-atlet eksisting itu.