Lee Zii Jia Dilarang Ikut Turnamen, Musuh Bebuyutan Susy Susanti Sentil BWF

Sabtu, 22 Januari 2022 19:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan rival sengit Susy Susanti, Camilla Martin, menyentil Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) setelah mendengar kabar bahwa Lee Zii Jia dihukum berat oleh asosiasi Malaysia (BAM).

Keputusan Lee Zii Jia untuk keluar dari BAM dan memilih menjadi pemain independen ternyata berbuntut panjang untuk masa depan kariernya.

Pasalnya, BAM memutuskan untuk menjatuhkan sanksi berat kepada tunggal putra andalan Malaysia tersebut pada Jumat (21/01/22).

Kabar ini dilaporkan oleh akun @BadmintonTalk di Twitter, yang mengatakan bahwa BAM melarang Lee Zii Jia untuk mengikuti kompetisi internasional selama dua tahun.

Sanksi berat yang diterima pebulutangkis no. 7 dunia ini turut membuat legenda bulutangkis Denmark Camilla Martin prihatin.

Melalui akun Instagram-nya, mantan pebulutangkis yang pernah berjaya di era 90-an ini meminta BWF mengusut masalah ini dan meminta semua pebulutangksi dunia mendukung Lee Zii Jia.

“Dear BWF ini bukan cara kita memperlakukan salah satu pemain terbaik dunia kan? Lee Zii Jia memilih cara lain untuk mencoba menjadi pemain yang lebih baik dan itu tidak mungkin baginya karena dia memilih untuk melakukannya di luar federasi?” tulsi Camilla Martin.

“Bulutangkis adalah olahraga yang hebat, saya tahu karena itu adalah seluruh hidup saya sampai saya pensiun pada tahun 2004. Tolong jangan biarkan ini terjadi, itu akan sangat merusak (kariernya),” lanjutnya.

“Kepada semua pemain lain, angkat bicara, berdiri bersama dalam hal ini jika tidak maka akan menghancurkan olahraga kita semua dan Anda tidak akan memiliki pekerjaan,” tegas Camilla.

Sebagaimana diketahui, semua atlet bulutangkis baik berstatus pemain nasional maupun independen memang wajib mendaftarkan diri atau meminta izin kepada asosiasi maupun federasi yang bersangkutan seperti PBSI dan BAM.