Rionny Mainaky Ungkap Alasan Praveen/Melati Resmi Dicoret dari Pelatnas

Jumat, 28 Januari 2022 15:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© bwf.official
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti resmi dicoret dari Pelatnas PBSI di Cipayung. Copyright: © bwf.official
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti resmi dicoret dari Pelatnas PBSI di Cipayung.

INDOSPORT.COM – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, akhirnya mengungkapkan alasan mencoret ganda campuran utama, Praveen Jordan/Melati Daeva dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dari daftar pemain Pelatnas Cipayung 2022.

Seperti yang sudah dirumorkan belakangan ini, dua ganda campuran utama Praveen Jordan/Melati Daeva dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja resmi didegradasi alias dipulangkan ke klub masing-masing.

Hal ini dipastikan setelah PBSI merilis Surat Keputusan nomor SKEP/007/1.3/2022 tertanggal 24 Januari 2022 dalam konferensi pers yang juga dihadiri awak INDOSPORT, Jumat (28/01/22).

Keputusan ini memang cukup disayangkan mengingat Praveen/Melati saat ini masih menduduki peringkat empat dunia, sedangkan Hafiz/Gloria memang terlempar dari 10 besar di ranking BWF.

Selain Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria, tunggal putri Ruselli Hartawan juga termasuk nama yang tidak dipanggil PBSI ke Pelatnas Cipayung pada tahun 2022.

Disinggung mengenai atlet yang terdegradasi, Rionny Mainaky mengatakan bahwa semuanya sudah melalui penilaian yang sesuai dengan kriteria dan parameter yang ditetapkan Pelatnas PBSI.

“Ada beberapa atlet yang kami pulangkan ke klub setelah dua tahun terakhir ini tidak memenuhi standar parameter performa yang kami berikan. Seperti misalnya raihan prestasi yang belum sesuai target dibandingkan kesempatan dan durasi mereka di pelatnas,” ungkap Rionny.

“Juga ada faktor lain seperti performa dan kemauan. Selain itu ada atlet yang mengundurkan diri. Parameternya jelas seperti prestasi, usia, durasi di pelatnas hingga karakter,” sambungnya.