In-depth

3 Sinyal Rafael Nadal Tak Berdaya sebagai Raja Tanah Liat Tahun Ini, Siap Lengser?

Jumat, 13 Mei 2022 15:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Shaun Botterill/Getty Images
Sepak terjang Rafael Nadal di turnamen tanah liat tahun ini sedang kurang apik. Foto: Shaun Botterill/Getty Images. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Sepak terjang Rafael Nadal di turnamen tanah liat tahun ini sedang kurang apik. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal yang sudah dikenal luas sebagai raja tanah liat ternyata tidak mampu bicara banyak tahun ini.

Sempat berjaya saat awal 2022 termasuk menjuarai Australian Open, petenis asal Spanyol tersebut malah ambyar ketika berlaga di turnamen andalannya, tanah liat.

Sebelum itu, ia malah sudah absen cukup lama usai cederanya kambuh beberapa waktu lalu. Indian Wells pun jadi turnamen besar terakhirnya sebelum break.

Saat itu, ia tumbang di tangan Taylor Fritz saat melakoni partai final Indian Wells BNP Paribas Open pada bulan Maret.

Kekalahan ini pun sekaligus memutus rekor kemenangan sempurna 20-0 Rafael Nadal sejak awal tahun 2022.

Setelah itu, ia menarik diri dari turnamen untuk memulihkan kondisi kebugaran sembari bersiap-siap menyambut turnamen tanah liat yang dimulai pada bulan April.

Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu itu datang juga ketika sang petenis mengabarkan dirinya akan comeback di Madrid Open 2022.

Namun justru di sinilah nasib serta keberuntungan Rafael Nadal diuji. Meski berjuluk Raja Tanah Liat, pada kenyataanya ia justru menorehkan hasil mengecewakan.

Madrid Open

Layaknya petenis papan, kembalinya Rafael Nadal ke lapangan, terutama di turnamen lapangan tanah liat, tentu sangat dinanti oleh orang banyak.

Namun sayang langkahnya harus terhenti di perempat final, bahkan oleh junior sekaligus rekan satu negaranya, Carlos Alcaraz Garfia.