Diterpa Skandal Match Fixing hingga Dicerai Partnernya, Begini Kabar Pebulutangkis Muda China

Kamis, 16 Juni 2022 12:34 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Dicerai Wang Chang yang menjadi runner-up Indonesia Masters 2022, begini kabar Di Zijian, pebulutangkis muda China yang terseret skandal match fixing. Foto: Lars Ronbog/FrontZoneSport via Getty Images. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Dicerai Wang Chang yang menjadi runner-up Indonesia Masters 2022, begini kabar Di Zijian, pebulutangkis muda China yang terseret skandal match fixing. Foto: Lars Ronbog/FrontZoneSport via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Dicerai Wang Chang yang menjadi runner-up Indonesia Masters 2022, begini kabar Di Zijian, pebulutangkis muda China yang terseret skandal match fixing.

Sebagaimana diketahui, Di Zijian/Wang Chang adalah salah satu pebulutangkis ganda putra muda yang jadi andalan Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA).

Mereka berprestasi sejak junior, seperti saat berhasil menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2018. Mereka juga kerap menjadi seteru Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Bahkan terakhir kali, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus susah payah mengalahkan Di Zijian/Wang Chang demi menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2019.

Usai itu, Di Zijian/Wang Chang mulai memasuki level senior, dan berhasil menjadi runner-up Lingshui China Masters 2018 serta menjadi juara SaarLorLux Open 2019.

Kini Di Zijian/Wang Chang berhasil menapaki tangga 47 dunia, dan digadang menjadi penerus kejayaan ganda putra bulutangkis China.

Sayangnya, sekitar Februari 2022 lalu, ada skandal menerpa Di Zijian yang dirumorkan terlibat match fixing atau pengaturan skor pertandingan.

Melansir laman Sohu, pada Kamis (10/02/22), pengguna Weibo yang mengaku mantan kekasih dari Di Zijian, membeberkan jika Di Zijian terlibat match fixing di putaran pertama Denmark Open 2021.

Pada turnamen bulutangkis super 1000 yang berlangsung 19-24 November 2021 itu, Di Zijian diduga mengaku sengaja kehilangan set pertama untuk mendapatkan hingga 100 renminbi (sekitar Rp225 juta).

“Saya siap kehilangan satu set di pertandingan pertama. Saya bisa mendapatkan hingga 100 plus renminbi. Saya akan mulai bermain dengan serius setelah itu. Jika menang, saya menang tetapi jika kalah, aku kalah,” kutip percakapan yang diduga Di Zijian dengan sang mantan kekasih.

Meski rumor itu belum diketahui kebenarannya, Di Zijian hiatus hingga saat ini. Bahkan partnernya, Wang Chan, dipasangkan dengan Liang Wei Keng yang menjadi runner-up Indonesia Masters 2022.

Lalu bagaimana kabar Di Zijian sekarang?