Curhat Liliyana Natsir: Terlalu Disiplin Sampai Lupa Sudah Pensiun dari Bulutangkis

Kamis, 23 Juni 2022 10:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Peraih medali perak Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, Daihatsu Indonesia Masters 2018. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Peraih medali perak Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, Daihatsu Indonesia Masters 2018.

INDOSPORT.COM - Liliyana Natsir curhat di Youtube PB Djarum. Ia mengaku masih tak bisa move on dari kegiatan sebagai atlet bulutangkis, sampai lupa jika ia telah pensiun.

Semasa aktif jadi atlet bulutangkis, Liliyana Natsir dikenal sebagai sosok yang paling disiplin, datang latihan paling pertama, dan kerap menambah jam latihan di luar jadwal.

Tak heran, Liliyana Natsir memiliki segudang prestasi, baik di sektor ganda putri maupun ganda campuran, salah satunya adalah medali emas Olimpiade Rio 2016 lalu.

Liliyana Natsir memutuskan pensiun saat ia dan Tontowi Ahmad menduduki peringkat 4 dunia sektor ganda campuran, kala itu ia resmi gantung raket pada tahun 2019.

Lewat Youtube PB Djarum, Liliyana Natsir menuturkan bahwa ia sempat kesulitan beradaptasi, karena sudah terbiasa dengan rutinitas sebagai atlet bulutangkis nasional.

"Rasa galau itu ada, kayak pagi-pagi bangun itu, gue harus latihan, eh ternyata gue udah pensiun," curhat Liliyana Natsir.

"Kalau nongkrong sama temen, sudah malam, eh jangan sampai malam nih, gue besok jaga kondisi. Loh kan sudah pensiun, iya juga ya," ucap Liliyana sembari tertawa.

Maka dari itu, selepas pensiun, atlet yang akrab disapa Butet itu memilih untuk terjun ke dunia bisnis properti dan refleksologi.

Liliyana Natsir juga tidak sepenuhnya meninggalkan dunia bulutangkis. Saat ini ia menjabat sebagai technical advisor di PB Djarum, bolak-balik Jakarta dan Kudus.

Liliyana berharap bisa terus memberikan motivasi dan dukungan langsung kepada calon-calon atlet bulutangkis nasional.