In-depth

Singapore Open: Andil Pebulutangkis Jakarta saat Bantu Tuan Rumah Raih Juara Terakhir Kali

Rabu, 13 Juli 2022 16:24 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Ingat kembali momen pebulutangkis asal Jakarta yang berperan besar dalam keberhasilan Singapura saat terakhir kali meraih gelar juara di ajang Singapore Open. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Ingat kembali momen pebulutangkis asal Jakarta yang berperan besar dalam keberhasilan Singapura saat terakhir kali meraih gelar juara di ajang Singapore Open.

INDOSPORT.COM – Ingat kembali momen atlet bulutangkis asal Jakarta yang berperan besar dalam keberhasilan Singapura saat terakhir kali meraih gelar juara di ajang Singapore Open.

Sepanjang sejarah bergulirnya turnamen bulutangkis Singapore Open, sang wakil tuan rumah memang sangat jarang mendominasi podium juara.

Mungkin hanya diawal-awal turnamen ini bergulir yakni sekitar tahun 1960 silam, para pebulutangkis Singapura bisa rasakan gelar juara.

Terbukti, selama 9 tahun awal bergulirnya Singapore Open selalu ada minimal satu wakil dari Singapura yang berhasil keluar sebagai pemenang.

Salah satu pebulutangkis Singapura yang cukup sukses di ajang Singapore Open adalah Ong Poh Lim. Atlet berdarah Malaysia tersebut tercatat mampu empat kali naik podium.

Hebatnya, meski dikenal sebagai atlet bulutangkis ganda campuran namun Ong Poh Lim berhasil juara Singapore Open di dua nomor berbeda yakni Mixed doubles dan Men's doubles.

Setelah tahun 1969, tak ada lagi pebulutangkis Singapura yang berhasil meraih gelar juara di ajang Singapore Open.

Ditambah dengan kedigdayaan kekuatan Indonesia dan China, membuat para atlet bulutangkis Singapura semakin kesulitan menembus partai final di depan pendukung mereka sendiri.

Total sejauh ini, Indonesia menjadi Negara dengan perolehan gelar juara Singapore Open terbanyak yakni 58 title, diikuti China dengan mengumpulkan 54 medali juara.

Meski kesulitan meraih gelar juara di tanah sendiri, namun Singapura sempat membuat kejutan pada 2010 silam setelah salah satu nomor berhasil naik di podium teratas.

Uniknya lagi, ada peran pebulutangkis asal Indonesia yang membantu Singapura akhiri puasa gelar sekaligus jadi tittle terakhir yang berhasil dimenangkan tuan rumah di ajang Singapore Open sejauh ini.