Minions atau Fajar/Rian, Siapa Ikuti Jejak Ahsan/Hendra Raih Gelar di Kejuaraan Dunia?

Jumat, 29 Juli 2022 19:13 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga Singapore Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Duo Minions dan Fajar/Rian menjadi andalan Indonesia untuk mengikuti jejak Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara tersukses dengan ganda putra menyumbang empat gelar di kejuaraan dunia bulutangkis.

Empat gelar ini semuanya diraih oleh Hendra Setiawan dengan dua pasangan berbeda. Pebulutangkis senior yang dijuluki Dewa Hendra oleh penggemar bulutangkis di China ini  berpasangan dengan Markis Kido sebelum bersama Mohammad Ahsan.

Mengutip Wikipedia, Markis Kido/Hendra Setiawan meraih gelar perdana pada 2007 dengan mengalahkan jagoan Korea Selatan, Jung Jae Sung/Lee Yong-Dae.

Barulah kemudian pada 2013, Hendra Setiawan meraih gelar kejuaraan dunia bulutangkis perdananya bersama Mohammad Ahsan dengan mengandaskan duo Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Bahkan, hanya berselang dua tahun, duo yang kerap dipanggil dengan The Daddies ini mampu kembali mendapatkan gelar juara dunia dengan mengandaskan duo China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan dalam kejuaraan dunia yang digelar di Jakarta..

Sebenarnya, Mohammad Ahsan kembali mampu melaju ke final Kejuaraan Dunia Bulutangkis di tahun 2016, manakala berpasangan dengan Rian Agung Saputro.

Sayangnya, Ahsan/Rian harus rela kalah dari salah satu ganda putra terkemuka China, Liu Cheng/Zhang Nan dalam kompetisi yang berlangsung di Glasgow, Inggris

Gelar teranyar ahsan/Hendra kemudian didapat pada 2019 dalam kejuaraan Dunia yang digelar di Basel, Swiss.